atas1

Ingin Tahu Gejala Stroke, Kenali Hal Ini

Minggu, 23 Jun 2019 | 18:37:56 WIB, Dilihat 7933 Kali - Oleh Yvesta Putu Sastrosoendjojo

SHARE


Ingin Tahu Gejala Stroke, Kenali Hal Ini dr Wiradharma Arief, dokter spesialis bedah syaraf Siloam Hospitals Yogyakarta dalam Edukasi Kesehatan Otak Melalui Pemutaran Film 3 Dimensi di Cinemaxx Lippo Plaza Yogyakarta, Sabtu (22/6/2019).(yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Baca Juga : Ratusan Pelajar SMK Peroleh Pelatihan Bela Negara


KORANBERNAS.ID -- Stroke menjadi salah satu penyakit yang perlu diwaspadai saat ini. Penyumbatan (stroke infark) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik) yang yang menyebabkan pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang ini seringkali tidak disadari gejalanya.

"Padahal stroke menjadi penyebab kecacatan nomor satu. Lebih dari tiga puluh persen pasien gangguan otak yang datang ke rumah sakit karena stroke," ungkap dr Wiradharma Arief, dokter spesialis bedah syaraf Siloam Hospitals Yogyakarta dalam Edukasi Kesehatan Otak Melalui Pemutaran Film 3 Dimensi di Cinemaxx Lippo Plaza Yogyakarta, Sabtu (22/6/2019).

Menurut Wira, penyakit stroke disebabkan oleh banyak faktor. Selain genetika juga pola hidup yang tidak sehat yang mempengaruhi kesehatan.  

Merokok, kurang olahraga atau aktivitas fisik, konsumsi obat-obatan terlarang dan kecanduan alkohol saat ini seringkali meningkatkan resiko terjadinya stroke.

Untuk mengenali gejala awal stroke, deteksi dini sebenarnya bisa dilakukan dengan metode FAST atau Face, Arms, Speech dan Time. Face atau wajah misalnya, gejala bisa dilihat bila wajah  mengalami lumpuh sebelah yang terlihat ketika tersenyum sudut bibir hanya mengangkat sebelah atau mata terlihat terkulai.

Gejala kedua, Arms atau lengan dikenali bila seseorang tidak mampu mengangkat salah satu atau kedua lengannya karena lemah. Selain itu itu lengan juga bisa mengalami hilang rasa atau mengalami kesemutan.

Saat bicara atau speech mulai cadel, bahkan tidak dapat berbicara sama sekali meski terlihat sadar, hal itu bisa jadi gejala stroke awal. Bila ketiganya terjadi, maka segera bawalah pengidap stroke tersebut ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan.

"Bila gejala di wajah, tangan dan cara bicara mulai terlihat maka segeralah dibawa ke rumah sakit," tandasnya.

Sementara inisiator edukasi kesehatan otak, Prof Dr dr Eka J Wahjoepramono mengungkapkan edukasi sangatlah penting dilakukan agar masyarakat mengenal pentingnya menjaga kesehatan otak. Sebab otak merupakan organ terbesar dan terkompleks pada tubuh manusia sekaligus pusat dari seluruh kegiatan tubuh manusia.

"Apalagi otak terganggu maka kesehatan tubuh dan mental pun akan terganggu. Ini pentingnya edukasi yang harus dilakukan pada masyarakat," ungkapnya.

Dr Siloam Hospitals Yogyakarta, drg Wiana R Maengkom MARS menambahkan, pemeriksaan kesehatan otak secara rutin perlu dilakukan. Pemeriksaan ini masih jarang dilakukan dibandingkan pemeriksaan organ lain.

"Pemeriksaan otak sangat diperlukan karena berguna untuk mendeteksi penyakit yang mengancam seperti stroke," imbuhnya.(yve)



Minggu, 23 Jun 2019, 18:37:56 WIB Oleh : Redaktur 265 View
Ratusan Pelajar SMK Peroleh Pelatihan Bela Negara
Minggu, 23 Jun 2019, 18:37:56 WIB Oleh : Arie Giyarto 452 View
Kiai Jazir Ingatkan Pentingnya Lestarikan Pertemuan Trah
Minggu, 23 Jun 2019, 18:37:56 WIB Oleh : Arie Giyarto 436 View
Pakai Kursi Roda, Lansia 83 Tahun Ini Rajin Pengajian

Tuliskan Komentar