atas1

Ingin Sukses Bersama Facebook, Ini Caranya

Kamis, 25 Okt 2018 | 22:20:32 WIB, Dilihat 752 Kali - Oleh W Asmani

SHARE


Ingin Sukses Bersama Facebook, Ini Caranya Pelatihan Laju Digital yang digelar Facebook di Hotel Alana, Rabu (24/10/2018).(yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Baca Juga : Konyol, Data Penduduk Dibiarkan tanpa Perlindungan


KORANBERNAS.ID-- Kediddayaan Facebook masih tak terkalahkan saat ini. Ditengah maraknya perkembangan beragam sosial media (sosmed), pengguna Facebook di Indonesia, pada kwartal kedua 2017 mencapai 115 juta pengguna.

Melihat jumlah ini, Indonesia menjadi pasar penting bagi raksasa media sosial (medsos) Mark Zuckerberg. Karenanya, Facebook merasa perlu memberikan edukasi untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk melakukan pemasaran di platform digital Facebook.

Head of Emerging Business and SMB Indonesia dan Philippines, Ferdy Nandes mengatakan sebanyak 10.000 pelaku UMKM di Indonesia yang telah mendapat pembinaan dari facebook dalam kampanye Laju Digital di Yogyakarta.

"Disini merupakan kota ke empat, setelah sebelumnya di kota Mataram, Jakarta, Makasar," terangnya dalam pelatihan Laju Digital di Hotel Alana, Rabu (24/10/2018).

Sementara Rifki Ali Hamidi, pelaku UMKM asal Kulonprogo mengaku telah mendapatkan pembinaan dari facebook untuk pemasaran melalui Facebook.

"Sejak 2013  saya membuat terobosan bagaimana batik bisa digunakan semua orang untuk kesempatan apa saja, tidak hanya untuk pakaian resmi," ujar dia.

Menurut Rifki, pihaknya memadukan kain polos dengan kain batik. Paduan ini cukup diminati  konsumen karenanya diapun bekerjasa sama dengan perajin batik yang ada di lingkungannya.

"Saya setelah menggunakan pasaran melalui facebook dan instagram mendapatkan strategi pemasaran yang murah, target pasar bisa tepat," jelasnya.

Yoyok Rubiantoro pemilik zetira.id, sebuah perusahaan e-commerce lokal yang saat ini fokus pada penjualan produk-produk kulit secara inline sangat terbantu menggunakan facebook ads.

"Saya merasa platform bisnis bisa berkembang dengan baik, karena bisa terukur dan tertarget," aku Yoyok.

Beda lagi dengan Riski Akbar alias Kiki pemilik id photobook, yaitu layanan cetak foto digital  dengan format seperti majalah sehingga disainnya lebih menarik.
"Sasaran market saya, adalah mami-mami muda yang hobinya selfi (swafoto), yang suka dengan kata promo dan diskon," terang dia.

Kiki melanjutkan usahanya dirintis dengan 3 sahabatnya sejak 2016. Platform digital yag ditawarkan facebook ini sanagt membantu pemasarannya.

" Idphotobook mencetak dan mengirim ribuan album foto pesanan setiap bulan ke seluruh Indonesia," paparnya.(yve)



Kamis, 25 Okt 2018, 22:20:32 WIB Oleh : Sholihul Hadi 616 View
Konyol, Data Penduduk Dibiarkan tanpa Perlindungan
Kamis, 25 Okt 2018, 22:20:32 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 766 View
Ingin Punya Kantor Gratis ? Gabung Start Up Jogja
Tuliskan Komentar