atas1

Hadiah Rp 5 Miliar untuk Desa Bebas Kemiskinan

Rabu, 09 Okt 2019 | 06:29:07 WIB, Dilihat 131 Kali - Oleh Nanang WH

SHARE


Hadiah Rp 5 Miliar untuk Desa Bebas Kemiskinan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen memberi bantuan ternak kambing dan lele untuk keluarga miskin di Desa Brecong Kecamatan Buluspesantren Kebumen. (istimewa)

Baca Juga : Tahanan Polres Kebumen Diterapi supaya Mau Tobat


KORANBERNAS.ID -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menyiapkan hadiah Rp 5 miliar kepada desa yang berhasil menjadi desa tanpa warga miskin.

Hadiah sebanyak itu merupakan salah satu upaya Pemprov Jateng mengurangi kemiskinan warganya di 35 kabupaten/kota di provinsi tersebut.

Informasi itu disampaikan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, saat rapat koordinasi Membangun Sinergitas Penanganan Kemiskinan di Kebumen, Selasa (8/10/2019).

Peserta rapat koordinasi tidak hanya dinas teknis yang menangani kemiskinan tetapi diundang pula pimpinan BUMN dan BUMD di kabupaten ini, para pengusaha serta perangkat desa.

Kebumen menduduki peringkat kedua jumlah warga miskin tertinggi di Jateng.

Menurut Taj Yasin sinergitas dalam menangani kemiskinan sangat penting. Pemerintah kabupaten perlu dukungan pihak terkait untuk mengurangi angka kemiskinan.

“Pemerintah Kabupaten Kebumen bisa mengoptimalkan potensi ekonomi untuk mengurangi angka kemiskinan,” ujarnya.

Apalagi potensi sektor pariwisata di kabupaten ini cukup besar untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, sehingga bisa terbebas dari kemiskinan.

Pembangunan jalan tol Semarang, Solo, Yogyakarta merupakan salah satu upaya menjadikan kabupaten Kebumen lebih mudah dan cepat diakses wisatawan mancanegara.

Pada bagian lain menanggapi gagal tanam atau panen di Kebumen bagian utara menjadi salah satu sebab kemiskinan sulit dihilangkan di daerah pegunungan dan pertanian tadah hujan, pemerintah berjanji akan membangun embung-embung untuk keperluan pertanian pada musim kemarau.

Ada kendala lahan untuk membangun embung karena milik Perhutani. Taj Yasin berjanji mengupayakan pendekatan dengan Perhutani sehingga sebagian lahan hutan produksi bisa digunakan membangun embung penampung air hujan. (sol)



Rabu, 09 Okt 2019, 06:29:07 WIB Oleh : Nanang WH 137 View
Tahanan Polres Kebumen Diterapi supaya Mau Tobat
Selasa, 08 Okt 2019, 06:29:07 WIB Oleh : Endri Yarsana 155 View
Dokter Tetty Pimpin RSUD Temanggung
Selasa, 08 Okt 2019, 06:29:07 WIB Oleh : Nanang WH 894 View
Jakarta Resque Bentuk Tim di Kebumen

Tuliskan Komentar