atas

Gedung Pengolahan Sampah Tanpa Listrik

Selasa, 08 Jan 2019 | 17:28:31 WIB, Dilihat 281 Kali - Oleh Masal Gurusinga

SHARE


Gedung Pengolahan Sampah Tanpa Listrik Gedung Pengolahan Sampah 3R di Desa Pundungan Kecamatan Juwiring Klaten belum terpasang meteran listrik. (masal gurusinga/koranbernas.id)

Baca Juga : Pemkot Bantu Perbaiki Kios-kios yang Terbakar


KORANBERNAS.ID -- Gedung pengolahan sampah 3R (Reduce, Reuse & Recycle) di Desa Pundungan Kecamatan Juwiring Klaten terancam tidak bisa digunakan. Ini karena meteran listrik di bangunan tersebut hingga saat ini belum juga dipasang.

Padahal gedung yang dibangun oleh penyedia jasa CV Gunung Jati Klaten itu segera diserahterimakan untuk dioperasionalkan.

Untuk sementara waktu agar bangunan tersebut tidak gelap gulita pada malam hari, pihak penyedia jasa menyambung jaringan atau menyalurkan arus listrik dari rumah tetangga di seberang sungai.

Upaya itu justru dipertanyakan pemerintah desa setempat, dikhawatirkan pengoperasian mesin pengolah sampah tidak efektif.

Kepala Desa Pundungan, Danang Setyawan SE, menyatakan benar listrik di Gedung Pengolahan Sampah 3R di wilayahnya masih nyalur dari rumah tetangga sebelah. Belum ada meteran listrik dari PLN.

"Masih nyalur dari rumah tetangga di seberang kali. Sudah saya sampaikan ke pemborongnya tapi jawab pemborongnya nunggu PLN," kata Danang, Selasa (8/1/2019).

Selain meminta penyedia jasa segera mengurus pemasangan meteran listrik di bangunan tersebut, Danang juga menginformasikannya ke Dinas Lingkungan Hidup Klaten selaku pengguna anggaran pembangunan gedung pengolahan sampah 3R tahun 2018.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Pembangunan 15 unit Gedung pengolahan sampah 3R Dinas Lingkungan Hidup,  Bambang Subiyantoro, saat dikonfirmasi terkait belum adanya meteran listrik di Gedung Pengolahan Sampah 3R Desa Pundungan Juwiring menjawab akan segera melakukan pengecekan ke lapangan.

Sedangkan petugas penyedia jasa CV Gunung Jati, Wawan,  belum bisa dikonfirmasi terkait jaringan listrik di gedung pengolahan sampah 3R Desa Pundungan yang dibangunnya.

Informasi di lapangan, Dinas Lingkungan Hidup. Kabupaten Klaten pada 2018 membangun 15 unit gedung pengolahan sampah 3R. Satu di antaranya berlokasi di Desa Pundungan Kecamatan Juwiring yang digarap CV Gunung Jati dengan anggaran Rp 591,6 juta.

Hingga akhir kontrak 8 Desember 2018 proyek tersebut belum selesai. Penyedia jasa diberi sanksi denda meski sanggup untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Meski gedung telah selesai dibangun namun meteran listrik belum terpasang. Padahal pembangunan gedung pengolahan sampah 3R lainnya tidak ada masalah dan bisa selesai tepat waktu. (sol)



Selasa, 08 Jan 2019, 17:28:31 WIB Oleh : W Asmani 251 View
Pemkot Bantu Perbaiki Kios-kios yang Terbakar
Selasa, 08 Jan 2019, 17:28:31 WIB Oleh : Nila Jalasutra 244 View
Khusus Warga Sleman, Transfusi Darah Gratis
Selasa, 08 Jan 2019, 17:28:31 WIB Oleh : Sholihul Hadi 301 View
Pastikan Dana Kelurahan untuk Kesejahteraan Rakyat

Tuliskan Komentar