atas1

Gajah-gajah Ini Dilatih Berbaris Sambil Pegangan Ekor

Selasa, 09 Jul 2019 | 19:58:32 WIB, Dilihat 235 Kali - Oleh Sholihul Hadi

SHARE


Gajah-gajah Ini Dilatih Berbaris Sambil Pegangan Ekor Mahout Gembira Loka Zoo melatih gajah berbaris di kandangnya. (istimewa)

Baca Juga : Paku Alam X Panen Ikan Nila


KORANBERNAS.ID -- Sepekan terakhir, sejumlah mahout atau perawat gajah koleksi Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta terlihat bersemangat.

Ini karena mereka sedang memperoleh tugas melatih gajah-gajah itu supaya memiliki kemampuan untuk beratraksi. Hampir setiap sore, gajah-gajah tersebut dilatih berbaris mengitari area kandangnya.

Rohman, salah seorang mahout GL Zoo, Selasa (9/7/2019), mengatakan pihaknya menargetkan dalam waktu sebulan satwa-satwa tersebut mampu berbaris.

“Target kami dalam sebulan ini gajah-gajah Gembira Loka sudah bisa jalan berbaris sambil belalainya berpegangan dengan ekor gajah di  baris  depannya,” kata dia.

Kepala Unit Mamalia GL Zoo, Andre, menjelaskan latihan ini dimaksudkan untuk menambah ragam atraksi dalam presentasi edukasi satwa (PES) untuk gajah.

“Dalam mengenalkan PES pada pengunjung, kami juga  menjelaskan tentang tingkah laku gajah di habitat aslinya,” terang Andre.

Atraksi gajah GL Zoo Yogyakarta pada acara tumpengan gajah di kebun binatang setempat, beberapa waktu lalu. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Selain dilatih berbaris sambil bergandengan, gajah-gajah GL Zoo juga dilatih dalam posisi tiduran, angkat satu kaki bergantian dan hormat pada pengunjung.

“Jadi dalam presentasi  edukasi di hadapan pengunjung, kami mahout tidak lagi naik gajah tapi berada di samping gajah,” kata Rohman, yang akrab disapa rekan-rekannya dengan sebutan Gembul itu.

Kebun binatang ini memiliki delapan ekor gajah Sumatera, terdiri dari dua jantan dan enam betina.

Salah satu gajah betina dalam keadaan bunting muda. Gajah jantan bernama Inta dan Argo, sedangkan betina bernama Natasya, Cempaka, Seiji, Gilang, Sinta dan Sobaya.

“Gajah betina Cempaka dan Seiji lebih gampang menuruti perintah kami saat dilatih,” tambah Rohman.

Gajah-gajah koleksi kebun binatang ini sehari dimandikan tiga kali.

Makanan yang diberikan selain jenis rerumputan, juga nasi jagung, kacang panjang dan buah-buahan seperti  mentimun, wortel dan besusu. (sol)



Selasa, 09 Jul 2019, 19:58:32 WIB Oleh : Nila Jalasutra 311 View
Paku Alam X Panen Ikan Nila
Selasa, 09 Jul 2019, 19:58:32 WIB Oleh : Endri Yarsana 342 View
Tak Ingin Petani Tembakau Rugi, Bupati Temanggung Kunjungi Gudang Garam
Selasa, 09 Jul 2019, 19:58:32 WIB Oleh : Nanang WH 218 View
Polisi Berbagi Tumpeng dengan Pedagang Pasar

Tuliskan Komentar