atas1

Empat Jenis Nasi Tersaji di Lapas Ini

Jumat, 10 Mei 2019 | 21:43:36 WIB, Dilihat 1355 Kali - Oleh Sari Wijaya

SHARE


Empat Jenis Nasi Tersaji di Lapas Ini Memasak menu buka puasa di Lapas Bantul Desa Guwosari Kecamatan Pajangan. (sari wijaya/koranbernas.id)

Baca Juga : Masjid Ini Kecil Tapi Selalu Makmur


KORANBERNAS.ID – Suasana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bantul yang berlokasi di Desa Guwosari Kecamatan Pajangan terasa lebih ramai, Kamis (9/5/2019) sore.

Ya, 200-an Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bersiap buka puasa bersama termasuk dengan Kepala Kanwil Kemenkum HAM DIY Krismono Bc IP SH serta Kepala Rutan Bantul Sholeh Joko Sutopo AMd IP SH MH serta para petugas.

Lebih terasa istimewa ketika yang menyiapkan menu ternyata Kakanwil sendiri beserta istri, kepala rutan ditambah sepuluh koki dari WBP.

Sejak habis Dhuhur dapur Lapas sudah disibukkan dengan kegiatan memasak. Krismono tampak lihai memasak menu berbuka berupa gulai ayam dan gulai daun singkong.

Bahkan dalam kegiatan safari Ramadan ini, Krismono juga  berbagi tips cara memasak gulai yang enak, lezat dan baik. Termasuk mempraktikkan cara merebus ayam maupun meracik bumbu-bumbu yang dibutuhkan. Luwes bak koki profesional

”Kita nikmati bersama-sama semua masakan yang kita olah," kata Krismono.

Menurut dia, Safari Ramadan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena ada acara masak bersama terlebih dahulu.   Safari Ramadan dilakukan ke semua Lapas se-DIY serta satu UPT Pemasyarakatan.

"Selain untuk silaturahmi, menumbuhkan kebersamaan dan juga meningkatkan keimanan kita, kegiatan ini juga untuk melihat secara langsung pelayanan Lapas seperti apa," katanya.

Sholeh Joko Sutopo mengatakan persiapan menu buka puasa tersebut mengacu Permen KUMHAM No 40 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Makanan bagi Tahanan, Anak dan Narapidana.

“Dalam membuat menu masakan kita berpedoman kepada aturan yang ada. Untuk 200 warga binaan sehari kita butuhkan beras sekitar 70 kilogram,” katanya.

Menunya harus variatif dan berganti. Semua tetap mengacu pada pedoman tersebut. Termasuk untuk nasi ada empat  jenis yakni  nasi putih, nasi gurih, nasi kuning dan nasi goreng.

Lauk juga bervariasi. Harus ada ikan, ayam dan telur, ikan asin dalam satu minggunya. Camilan bagi penghuni Lapas juga disediakan setiap harinya seperti singkong goreng.

“Untuk menu bagi para Lapas, kita sudah ada pedomannya dan bervariasi kita mengolahnya,” jelasnya. (sol)



Kamis, 09 Mei 2019, 21:43:36 WIB Oleh : Arie Giyarto 473 View
Masjid Ini Kecil Tapi Selalu Makmur
Kamis, 09 Mei 2019, 21:43:36 WIB Oleh : Nanang WH 341 View
Mayat Bayi Tersangkut Bambu di Tepi Sungai
Kamis, 09 Mei 2019, 21:43:36 WIB Oleh : Nila Jalasutra 286 View
Pemilu Usai Saatnya Rukun Lagi

Tuliskan Komentar