atas1

Emas Penting, Poin PON Jauh Lebih Penting
Perburuan Ratusan Judoka di Kartika Cup

Jumat, 26 Jul 2019 | 22:16:32 WIB, Dilihat 341 Kali - Oleh Rosihan Anwar

SHARE


Emas Penting, Poin PON Jauh Lebih Penting Dibuka pada Jumat (26/7/2019) pagi, 602 judoka mulai bertarung di atas matras judo GOR Amomgrogo Yogyakarta sampai penutupan Minggu (28/7/2019) besok. (rosihan anwar/koranbernas.id)

Baca Juga : Menang Dramatis, Persitema Pimpin Liga 3


KORANBERNAS.ID – Ada yang menarik pada gelaran Kejurnas Judo Kartika Cup XII tahun ini. Atlet-atlet judo yang bertanding tidak hanya mengincar medali, namun yang lebih penting adalah mengumpulkan poin untuk lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.

Cabang bela diri judo memang tidak menggunakan satu kejuaraan atau turnamen tunggal sebagai ajang Pra Kualifikasi PON. Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) telah sejak lama menggunakan sistem pengumpulan nilai atau poin lewat rangkaian kejurnas judo sebagai jembatan menuju PON.

“Saya rasa persaingan saat ini merata. Semuanya mengirimkan yang terbaik karena kejurnas untuk ajang mencari poin PON,” kata Danarstuti Utami, salah satu pelatih judo tuan rumah DIY.

Dibuka secara resmi oleh Kepala Staf TNI AD (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, Jumat (26/7/2019) pagi, Lebih dari 600 judoka dari berbagai kelompok umur mulai bertanding pada pembukaan Kartika Cup 2019 di GOR Amongrogo Yogyakarta. Pada kejurnas judo paling bergengsi di Tanah Air tersebut, para atlet mengincar poin demi akumulasi nilai yang menentukan peringkat mereka secara nasional

Sementara itu, untuk kontingen tuan rumah DIY yang mendaftarkan 57 judoka pada Kartika Cup ke-12 kali ini, menggantungkan asa kepada para atlet kadet dan yunior. Danarstuti Utami, salah satu pelatih Yogyakarta, saat diwawancarai koranbernas.id menyatakan, peluang meraih emas di kejurnas lebih banyak berada di kategori kadet dan yunior.

“Kalau cadet dan yunior saya jamin bisa kita raih medali. Tapi kalau senior, karena timnas juga main di sini, persaingan semakin berat,” sebutnya.

Perburuan poin untuk ranking nasional agar lolos PON, juga menjadi salah satu alasan kontingen judo Jawa Barat tidak mengincar gelar juara umum di Kartika Cup tahun ini. “Untuk tahun ini, Jawa Barat, sementara ini kita hanya fokus di poin untuk PON,” ujar Avicena, salah satu pelatih Jawa Barat saat ditemui koranbernas.id di GOR Amongrogo.

Para Judoka di kelas yunior dan senior memang berharap dapat masuk 8-10 besar nasional agar tampil di PON 2020 di Papua. Avicena, kontingen Jawa Barat yang membawa 52 atlet, tahun ini tidak ngotot mengincar juara umum, namun lebih menginginkan agar para judoka Jawa Barat dapat lolos sebanyak-banyaknya di PON tahun depan.

“Jadi minmal, masuk dulu di 10 besar (ranking) nasional. Itu fokus kita dulu,” tuturnya.

Muka baru

Pelatih kepala kontingen judo Jawa Barat asal Korea, Cha Mugie, membenarkan apa yang dituturkan Avicena. Terlebih lagi, di Kartika Cup tahun ini, judoka Jawa Barat yang ikut merupakan kombinasi antara pejudo senior dan yunior.

“Sebenarnya kontingen ini belum memulai pelatda (untuk PON), jadi kami belum latihan bersama dalam waktu lama. Tapi, kalau dari sisi mental dan teknik, mereka siap,” kata Cha Mugie yang telah melatih Jawa Barat sejak PON XIX tahun 2016 silam.

Sementara itu, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa mengucapkan selamat bertanding kepada para judoka. Ia berharap, para atlet bersungguh-sunggu karena tidak hanya meraih medali, namun prestasi di Kartika Cup juga membuka peluang bagi para judoka menuju PON atau bahkan masuk ke pelatnas Sea Games 2019.

“Kejuaraan nasional ini jadi kesempatan bagi yang sudah punya prestasi targetnya memperoleh poin agar bisa masuk PON maupun Pelatnas,” ujar Kasad.

Sebanyak 602 orang atlet judo dari 28 provinsi turut ambil bagian dalam Kejurnas Kartika Cup 2019. Mereka terdiri dari 131 judoka di kategori kadet, 184 orang judoka kategori yunior dan 263 atlet judo senior. Sementara untuk nomor kata, total pejudo yang ikut ada 24 atlet. (ros)



Kamis, 25 Jul 2019, 22:16:32 WIB Oleh : Rosihan Anwar 1183 View
Menang Dramatis, Persitema Pimpin Liga 3
Senin, 22 Jul 2019, 22:16:32 WIB Oleh : Endri Yarsana 486 View
Ini Alasan KONI Temanggung Studi Banding ke Bandung
Minggu, 21 Jul 2019, 22:16:32 WIB Oleh : W Asmani 429 View
Atlet-atlet Berprestasi Diambil Klub Besar

Tuliskan Komentar