TNI-stipram

DIY Miliki Enam Sekolah Siaga Kependudukan

Kamis, 25 Okt 2018 | 16:58:46 WIB, Dilihat 197 Kali - Oleh Arie Giyarto

SHARE


DIY Miliki Enam Sekolah Siaga Kependudukan Witriastuti Susani Anggraeni SE MM. (arie giyarto/koranbernas.id)

Baca Juga : Hati-hati, Jangan Asal Permak Wajah


KORANBERNAS.ID -- Pembentukan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK)  di wilayah DIY terus dilakukan. Ini merupakan realisasi dari nota kesepakatan antara BKKBN DIY dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, sebagai salah satu upaya memberikan wawasan kependudukan bagi pelajar.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Kantor Perwakilan BKKBN DIY, Witriastuti Susani Anggraeni SE MM, menjelaskan SSK yang diawali di SMA Bopkri I Yogyakarta dan hasilnya menggembirakan.

"Ternyata materi kependudukan bisa diintegrasikan pada mata-mata pelajaran Fisika, Kimia, Matematika dan lain-lain," kata Eni, Kamis (25/10/2018).

Di setiap SSK juga terdapat Pojok Kependudukan berupa berbagai materi literasi yang disajikan oleh para pelajar kader kependudukan. Secara periodik materinya diperbarui.

Terakhir, launching SSK dilakukan di SMA Negeri I Banguntapan Bantul, Rabu (17/10/2018). Ini merupakan SSK ke-enam di DIY.

Selain SMA Bopkri I Yogyakarta, juga sudah ada SMA Negeri I Pengasih Kulonprogo. SMP Negeri I Galur Kulonprogo, SMP Negeri I Seyegan Sleman dan SMA Negeri 2 Wonosari. Direncanakan segera menyusul SMA Negeri I Ngaglik Sleman.

Pojok Kependudukan di SMA Negeri I Banguntapan Bantul. (arie giyarto/koranbernas.id)

Seleksi

Penentuan sekolah sebagai pilot project SSK, menurut Eni,  dilakukan berdasarkan seleksi. "SMA Negeri I Banguntapan banyak prestasi. Baru saja keluar sebagai juara Sekolah Sehat tingkat nasional," kata Eni.

Salah seorang murid sekolah tersebut, Keisya, meraih gelar Juara 3 Duta Kependudukan tingkat DIY 2018. Keisya adalah satu-satunya murid SMA, karena juara-juara lainnya mahasiswa berbagai perguruan tinggi di DIY.

Penunjukan tersebut juga disertai pertimbangan kesiapan pihak sekolah menjadi pengelola pilot project SSK.

Launching di SMA Negeri I Banguntapan dilakukan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk KB Pemberdayaan Masyarakat  Drs Supriyanto mewakili Bupati Bantul.

Sedang Pojok Kependudukan diresmikan oleh Kaperwil BKKBN DIY Drs Bambang Marsudi MM.  Pojok Kependudukan berada di ruang terbuka sehingga memungkinkan semua pelajar membacanya.

Untuk mempersiapkan materinya sekaligus diintegrasikan ke mata pelajaran apa saja, telah diseminarkan di Kaliurang selama dua hari Sabtu dan Minggu silam.

Di antaranya menampilkan para pengelola SSK di SMA Bopkri I Yogyakarta sebagai narasumber. Menurut keterangan, SSK SMA BOSA telah menjadi tempat studi banding SSK dari berbagai daerah. (sol)



Rabu, 24 Okt 2018, 16:58:46 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 113 View
Hati-hati, Jangan Asal Permak Wajah
Selasa, 23 Okt 2018, 16:58:46 WIB Oleh : Nila Jalasutra 106 View
Penyakit Ini Jarang Terekspos
Senin, 22 Okt 2018, 16:58:46 WIB Oleh : Sholihul Hadi 359 View
SMAN 10 Yogyakarta Miliki Konselor Kesehatan Remaja

Tuliskan Komentar