atas1

Diabet Perlu Dicegah dan Dilawan

Minggu, 17 Nov 2019 | 16:37:28 WIB, Dilihat 195 Kali - Oleh B Maharani

SHARE


Diabet Perlu Dicegah dan Dilawan Sekitar 1000 orang berolahraga dan senam di GOR Tri Lomba juang dalam rangka kampanye cegah dan lawan diabet, Minggu (17/11/2019) pagi. (bekti maharani/koranbernas.id)

Baca Juga : Wabup Buka Ta\'aruf Calon Jamaah Haji Sleman 2020


KORANBERNAS.ID – Saat ini diabetes masih menjadi momok yang perlu dilawan dan dicegah secara serius oleh masyarakat. Bukan hanya jumlahnya yang semakin tinggi di Indonesia, usia penderita diabetes khususnya diabetes tipe 2, juga sudah semakin muda dalam beberapa tahun terakhir.

Kepala Divisi Metabolik-Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, dr. Dante Saksono, SpPD-KEMD, PhD menyatakan hal tersebut. Bahkan berdasarkan data Riskesdas 2013, 90% dari total kasus diabetes merupakan diabetes tipe 2, yang umumnya terjadi pada orang dewasa

“Namun beberapa tahun terakhir makin banyak ditemukan pada usia dewasa muda di bawah 30 tahun bahkan pada anak-anak dan remaja,” katanya di GOR Tri Lomba Juang Semarang, Minggu (17-11-2019) pagi.

Untuk itu Tropicana Slim yang memproduksi gula berkalori rendah melakukan kampanye untuk cegah dan lawan diabetes. Brand Manager Tropicana Slim, Noviana Halim mengatakan, “Tahun ini kami mengangkat tema Keluarga dan Diabetes.”

Hal itu sesuai dengan tema peringatan Hari Diabetes Internasional, dimana diperlukan semangat dan kesadaran seluruh anggota keluarga untuk bersama-sama mencegah dan melawan diabetes.

Semangat ini pun diturunkan dalam bentuk ‘Senam Keluarga Lawan Diabetes’, hasil kolaborasi RSCM FKUI, Tropicana Slim, dan Sobat Diabet. Gerakan senam sehat ini terdiri dari dua jenis olahraga, yaitu olahraga aerobik untuk melatih jantung, serta

olahraga resisten untuk melatih otot tubuh.

Kampaye dan olahraga mencegah dan melawan diabetes yang diselenggarakan Tropicana Slim untuk tahun keenam ini diikuti sekitar 1.000 peserta #Hands4Diabetes yang terdiri dari ayah, ibu dan anak. Mereka tampak antusias mengikuti jalan santai, senam sehat keluarga, cek gula darah gratis di GOR Tri Lomba Juang Semarang, Minggu (17-11-2019) pagi.

“Inilah mengapa edukasi terkait diabetes sejak dini sangat penting di keluarga, baik kepada ayah, ibu, maupun anak, agar seluruh anggota keluarga Indonesia bisa sadar dan tahu cara yang tepat mencegah dan melawan diabetes,” tambah Wimpi Sugeng selaku Marketing Promotion Executive Nutrifood.

Edukasi dalam keluarga penting dikarenakan kurangnya pengetahuan yang tepat terkait pencegahan diabetes di keluarga. Ditambah lagi anak-anak yang suka jajan makan kurang sehat dan tinggi gula serta kurang aktivitas fisik, sehingga mengakibatkan anak berpotensi memiliki berat badan berlebih atau obesitas yang membuat mereka makin berisiko menderita diabetes. (eru)



Minggu, 17 Nov 2019, 16:37:28 WIB Oleh : Nila Jalasutra 146 View
Wabup Buka Ta\'aruf Calon Jamaah Haji Sleman 2020
Minggu, 17 Nov 2019, 16:37:28 WIB Oleh : Nila Jalasutra 242 View
Sleman Gelar Festival Desa Wisata 2019
Minggu, 17 Nov 2019, 16:37:28 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 182 View
Pelari Wajib Perhatikan 30 Menit Setelah Finish

Tuliskan Komentar