atas1

Desa Ajang TMMD Diharapkan Makin Maju

Jumat, 13 Jul 2018 | 01:18:48 WIB, Dilihat 132 Kali - Oleh Endri Yarsana

SHARE


Desa Ajang TMMD Diharapkan Makin Maju Pembukaan TMMD ditandai penyerahan alat kerja oleh Plh Sekda, Suyono, kepada personel pelaksana. (endri yarsana/koranbernas.id)

Baca Juga : Ibadah Haji Banyak Godaannya


KORANBERNAS.ID – Kodim 0706 Temanggung selama 30 hari hingga 8 Agustus mendatang melaksanakan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap II Tahun Anggaran 2018.

Kegiatan itu dipusatkan di Dusun Kadepokan Desa Tlogopucang  Kecamatan Kandangan, dengan sasaran proyek betonisasi jalan, terasahan jalan, talud, gorong-gorong serta sasaran  pendamping dan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sejumlah empat unit.

TMMD secara resmi dibuka Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah, Suyono,  ditandai penyerahan alat kerja kepada personel pelaksana serta pemukulan kentongan, disaksikan Wakil Bupati, FKPD, pimpinan dewan dan pejabat terkait.

Suyono mengatakan, program TMMD dilaksanakan sebagai upaya membantu pemerintah memberdayakan wilayah pertahanan dan membantu tugas di daerah dalam meningkatkan akselerasi  pembangunan  serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, juga untuk memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam rangka  mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh menghadapai berbagai ancaman.

“TMMD merupakan wahana mengokohkan persatuan dan kesatuan  bangsa, mengatasi kesulitan yang terjadi di daerah, percepatan pembangunan desa dalam upaya menjaga  keutuhan NKRI,“ ujarnya.

Komandan Kodim 0706 Temanggung Letkol Yusuf Setiaji menjelaskan, program TMMD bertujuan sebagai upaya mempercepat  pembangunan di desa.

Harapannya desa yang menjadi ajang TMMD akan semakin maju dan berkembang dan otomatis memacu kelancaran perekonomian warga. TMMD berdampak positif mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat guna menunjang stabilitas nasional.

Pasiter Kapten Saiman selaku perwira kegiatan mengatakan, TMMD menggarap pembangunan betonisasi jalan  tiga sisi  masing-masing  sepanjang  1.035 meter, terasahan jalan dua sisi masing-masing sepanjang 1.035 meter.

Pembangunan talud  di tiga tempat  masing-masing panjang  85 meter, 30 meter dan 15 meter dan pembuatan gorong-gorong  dua unit  panjang 4 meter.  Disamping itu juga merehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) empat unit.

“Dipilihnya Desa Tlogopucang khususnya Dusun Kadepokan sebagai ajang TMMD karena masyarakat sangat membutuhkan  sarana jalan yang memadai guna menunjang kelancaran transportasi dan membuka akses jalan ke desa-desa sekitarnya,” kata dia.

Adapun sasaran nonfisik  berupa penyuluhan mencegah kenakalan remaja, bela negara, mencegah pernikahan dini/perkawinan siri, pengelolaan sampah, penanggulangan HIV/AIDS,  kesehatan masyarakat, narkoba dan pemutaran film  layar tancap  hiburan rakyat.

“Untuk melaksanakan kegiatan fisik, setiap harinya dikerahkan  ratusan tenaga kerja dari unsur TNI, Polri, Instansi terkait dan masyarakat,” tambahnya. (sol)



Jumat, 13 Jul 2018, 01:18:48 WIB Oleh : Endri Yarsana 860 View
Ibadah Haji Banyak Godaannya
Jumat, 13 Jul 2018, 01:18:48 WIB Oleh : Sholihul Hadi 667 View
DPRD DIY Dorong KPU Wujudkan Pemilu Berbudaya
Jumat, 13 Jul 2018, 01:18:48 WIB Oleh : Sholihul Hadi 804 View
Pemuda Harus Kreatif dan Ulet

Tuliskan Komentar