atas1

Dapur Warna Naikkan Pamor Wisata Sleman

Kamis, 21 Mar 2019 | 15:47:20 WIB, Dilihat 1177 Kali - Oleh Sholihul Hadi

SHARE


Dapur Warna Naikkan Pamor Wisata Sleman Wakil Gubernur DIY Paku Alam X meresmikan Edutainment & Wisata Kuliner Dapur Warna, Kamis (21/3/2019). (sholihul hadi/koranbernas.id)

Baca Juga : PT KAI Bantu Korban Banjir Bantul


KORANBERNAS.ID – Sektor pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terlebih lagi Kabupaten Sleman makin semarak menyusul beroperasinya kawasan Edutainment & Wisata Kuliner Dapur Warna, Kamis (21/3/2019).

Rumah makan yang mengusung konsep paduan kuliner pilihan dengan wahana permainan di Padukuhan Pedak Sinduharjo Ngaglik Sleman itu, diresmikan oleh Wakil Gubernur DIY Paku Alam X.

Kehadiran Dapur Warna diyakini selain menggerakkan roda perekonomian masyarakat setempat juga mampu menaikkan pamor wisata Sleman.

“Kami menyampaikan apresiasi, Edutainment & Wisata Kuliner Dapur Warna ini mampu menjadi alternatif kunjungan wisatawan dalam negeri dan mancanegara untuk menikmati kuliner Yogyakarta,” tutur Paku Alam X.

Seraya berharap kehadiran rumah makan ini bisa memberikan maslahat bagi masyarakat setempat, Paku Alam X kemudian memukul gong menandai secara resmi operasional Edutainment & Wisata Kuliner Dapur Warna.

Wakil Gubernur DIY itu kemudian menandatangani prasasti. Tampak mendampingi, Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana dan wakilnya Arif Noor Hartanto, anggota DPR RI Esti Wijayati serta anggota Komisi C DPRD DIY, Nuryadi.

Pertunjukan barongsai memeriahkan peresmian Edutainment & Wisata Kuliner Dapur Warna. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Selain dimeriahkan pergelaran pentas seni tari maupun  barongsai, pada acara tersebut hadir pula sejumlah pejabat dari Pemda DIY seperti Kepala Dinas Pariwisata dan Kepala BKAD maupun tamu undangan dan tokoh-tokoh penting.

Nuryadi selaku Komisaris Edutainment & Wisata Kuliner Dapur Warna mengatakan kehadiran rumah makan ini mampu menopang perekonomian masyarakat antara lain melalui penyerapan tenaga kerja.

Dapur Warna berdiri di atas tanah kas desa yang dikerjasamakan, dikelola dalam jangka waktu tertentu. “Mudah-mudahan Dapur Warna akan menambah titik cerah pariwisata di Sleman,” ujarnya.

Kepada wartawan lebih lanjut Nuryadi menjelaskan Dapur Warna bukan sekadar rumah makan biasa melainkan terdapat sisi edukasi dan seni.

“Yang kita kelola ini tidak sekadar rumah makan biasa tetapi ada tempat wisata. Pengunjung yang ingin melihat proses pembuatan batik dan gerabah, bisa kita fasilitasi,” terangnya.

Nuryadi, Komisaris Edutainment & Wisata Kuliner Dapur Warna . (sholihul hadi/koranbernas.id)

Mengenai menu yang disajikan, kata dia, tidak ada menu unggulan. Yang pasti, dari 13 tenant semuanya siap menyajikan hidangan dengan cita rasa nusantara, Jawa maupun Korea.

Harganya pun terjangkau kecuali menu-menu tertentu yang memang bahan bakunya sudah mahal dari asalnya.

Menariknya lagi, Edutainment & Wisata Kuliner Dapur Warna memiliki hall berukuran besar dan bisa menampung lebih dari 600 pengunjung.

Ini karena rumah makan tersebut baru menempati lahan seluas satu hektar dan akan dikembangkan lagi mengingat tanah kas desa yang belum termanfaatkan masih luas.

Pengunjung juga dijamin tidak kesulitan parkir bahkan bus wisata ukuran besar pun bisa masuk rumah makan yang buka setiap hari pukul 10:00 hingga pesanan terakhir pukul 22:00.

Nuryadi optimistis kehadiran kawasan Edutainment & Wisata Kuliner Dapur Warna yang berada di Jalan Kaliurang Km 11 persis di belakang Toserba “WS” ini mampu menambah lama tinggal wisatawan.

Artinya, rombongan wisatawan dari arah Yogyakarta menuju Kaliurang atau Candi Borobudur bisa transit di Dapur Warna menikmati sajian kuliner di kawasan itu.

Ke depan, kata Nuryadi, pihaknya juga memikirkan untuk melengkapi kawasan itu dengan homestay yang unik berupa bangunan yang terbuat dari kayu dan dilengkapi kamar mandi permanen. (sol)



Kamis, 21 Mar 2019, 15:47:20 WIB Oleh : Sari Wijaya 505 View
PT KAI Bantu Korban Banjir Bantul
Rabu, 20 Mar 2019, 15:47:20 WIB Oleh : Nila Jalasutra 525 View
KPU Kerahkan 262 Orang Melipat 4 Juta Surat Suara
Rabu, 20 Mar 2019, 15:47:20 WIB Oleh : Nila Jalasutra 1105 View
Baru Pertama, Kejuaraan Bulutangkis di Pusat Perbelanjaan

Tuliskan Komentar