danrem-071wijayakusuma-membuka-latihan-posko-penanggulangan-bencana-alamLatposko I Kodim 0703/Cilacap, Rabu (13/5/2020), di Aula Makodim 0703/Cilacap. (istimewa)


redaktur

Danrem 071/Wijayakusuma Membuka Latihan Posko Penanggulangan Bencana Alam


SHARE

KORANBERNAS.ID, CILACAP – Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Kav Dani Wardhana, membuka dan memberikan Taklimat Awal Latposko I Kodim 0703/Cilacap, Rabu (13/5/2020), di Aula Makodim 0703/Cilacap. Latihan dilaksanakan selama 3 hari, yakni 13hingga 15 Mei 2020.

Latposko I bertema “Kodim 0703/Cilacap Bersama Seluruh Komponen Bangsa Membantu Pemerintah Daerah dalam Menanggulangi Bencana Alam Tsunami, Pengungsian dan Pemberian Bantuan Kemanusiaan di Wilayah Kabupaten Cilacap dalam Rangka Operasi Militer Selain Perang”.


Baca Lainnya :

Danrem mengatakan, sebagai latihan taktis tanpa pasukan, Latihan Posko-I ini bertujuan melatih unsur Komandan dan Staf dalam melaksanakan prosedur hubungan dan tata kerja berdasarkan job description masing-masing yang meliputi kegiatan merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan serta mengendalikan suatu operasi di satuan, utamanya Operasi Militer Selain Perang (OMSP) penanggulangan bencana alam Tsunami. Hal ini sesuai dengan pasal 5 dan 6 UU RI No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana Alam.

Materi yang dilatihkan adalah penanggulangan bencana alam Tsunami karena wilayah Kodim 0703/Cilacap berbatasan langsung dengan pantai selatan Jawa dan Samudera Hindia yang sangat rentan terjadi bencana Tsunami seperti beberapa tahun lalu.


Baca Lainnya :

Danrem juga menjelaskan, dengan Latihan Posko I ini dapat melatih kerjasama, komunikasi, koordinasi dan kolaborasi, melalui proses olah yudha sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

“Kegiatan Latposko ini kita sesuaikan dengan kondisi saat sedang mewabahnya pandemi Covid-19. Karenanya, kita lakukan kegiatan sesuai standar protokol kesehatan yang diterapkan WHO. Wajib memakai masker, menjaga jarak perorangan, sterilisasi diri dengan hand sanitizer yang disediakan di setiap sudut ruangan dan cek suhu badan serta penyemprotan disinfektan di area kegiatan," kara Danrem. (*)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini