atas1

Danrem 071/Wijayakusuma Ikuti Kirab Prosesi Pusaka Banyumas

Senin, 17 Feb 2020 | 17:33:10 WIB, Dilihat 349 Kali
Penulis : Redaktur
Redaktur

SHARE


Danrem 071/Wijayakusuma Ikuti Kirab Prosesi Pusaka Banyumas Kirab Prosesi Pusaka Banyumas dalam rangka Hari Jadi Ke-449 Kabupaten Banyumas di Rumah Dinas Wakil Bupati Banyumas di Jalan Jenderal Sudirman Purwokerto, Minggu (16/2/2020). (istimewa)

Baca Juga : Pemuda Pancasila Minta Aparat Tembak di Tempat Pelaku Kejahatan Jalanan


KORANBERNAS.ID, PURWOKERTO – Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, beserta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro Anita Dani Wardhana, mengikuti Kirab Prosesi Pusaka Banyumas dalam rangka Hari Jadi Ke-449 Kabupaten Banyumas di Rumah Dinas Wakil Bupati Banyumas di Jalan Jenderal Sudirman Purwokerto, Minggu (16/2/2020).

Sebelumnya dilaksanakan ziarah ke makam Bupati Banyumas pertama R Joko Kaiman di Desa Dawuhan Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, dilanjutkan syukuran dan ruwatan wayang kulit. Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Banyumas Ke-449 Tahun 2020 akan digelar 22 Februari nanti.

Prosesi kirab Pusaka itu menggambarkan perpindahan pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas yang semula di Kecamatan Banyumas dipindahkan ke Kecamatan Purwokerto. Kirab pusaka ditandai dengan penyerahan dan peletakkan pusaka oleh Bupati Banyumas, Ir Ahmad Husein, kepada para punggawa pasukan pembawa pusaka, diantaranya tombak Kiai Genjring, pusaka keris Kiai Gajah Endro, pusaka keris Nalapraja dan Kitab Stambul.

Setelah diserahkan kepada para punggawa Kadipaten (pasukan pembawa pusaka), selanjutnya pusaka-pusaka tersebut dikirab dari rumah dinas Wakil Bupati Banyumas menyusuri jalan Jenderal Sudirman sejauh 2 Km menuju Alun-alun Purwokerto (Pendopo Sipanji) Pemkab Banyumas.

Kirab diawali manggala yudha dan diikuti lambang daerah, kemudian tombak Kiai Genjring bersama umbul-umbul, dan kemudian secara berturut-turut pusaka Keris Kiai Gajah Endro, Keris Kiai Nalapraja dan Kitab Stambul. Di belakang pusaka disusul barisan musik dari SMKN Banyumas dan SMK Nasional Purwokerto.

 

Di belakang barisan musik dari pelajar Banyumas adalah barisan pasukan pembawa foto-foto Bupati Banyumas mulai dari awal Adipati Mrapat R Joko Kaiman. Pembawa foto Bupati pertama dibawa oleh Kakang Mbekayu Banyumas dan foto-foto Bupati Banyumas ke-2 hingga ke-30.

Setelah deretan foto-foto Bupati dari pertama hingga ke-30 berjalan, baru Bupati Banyumas ke-31 Ir Ahmad Husein beserta istri dan Wakil Bupati Banyumas Drs Saedo Tri Lastiono beserta istri. Kirab juga diikuti Forkopimda Banyumas, DPRD Banyumas, SKPD dan perangkat daerah lainnya serta organisasi kemasyarakatan dan mahasiswa serta pelajar Banyumas.

Bupati Banyumas, Ir Ahmad Husein, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap warga masyarakatnya yang turut serta menyaksikan dan meramaikan jalannya prosesi kirab pusaka. Dia berharap, semoga dengan hari jadi ke-449 Kabupaten Banyumas, Banyumas menjadi semakin maju, adil, makmur, sejahtera, dan mandiri. Banyumas aman, damai, rukun, dan kondusif.

Sementara itu Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Kav Dani Wardhana, berharap agar Banyumas semakin maju, sejahtera, aman dan kondusif. Juga Banyumas yang mempunyai daya saing, berbudaya berlandaskan iman dan takwa, serta Banyumas yang Cablaka. (*)



Senin, 17 Feb 2020, 17:33:10 WIB Oleh : Sholihul Hadi 21484 View
Pemuda Pancasila Minta Aparat Tembak di Tempat Pelaku Kejahatan Jalanan
Senin, 17 Feb 2020, 17:33:10 WIB Oleh : Nila Jalasutra 225 View
Masyarakat Diminta Miliki Literasi Kebencanaan
Senin, 17 Feb 2020, 17:33:10 WIB Oleh : Nila Jalasutra 254 View
BKPP Sleman Menyelenggarakan Diklat Pengelola Arsip

Tuliskan Komentar