atas1

Bidik Orang Pinggiran, Karya Fotografi Mahasiswa UMBY Dijual untuk Amal

Selasa, 30 Jul 2019 | 11:52:14 WIB, Dilihat 649 Kali
Penulis : Sari Wijaya
Redaktur

SHARE


Bidik Orang Pinggiran, Karya Fotografi Mahasiswa UMBY Dijual untuk Amal Pameran fotografi karya mahsiswa Fakultas Ilmu Komunikasi UMBY. (istimewa)

Baca Juga : Ini yang Ditakuti Perempuan di Seluruh Dunia


KORANBERNAS.ID -- Mahasiswa Fakultas Ilmu Komuniasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) selain profesional di bidangnya,diharapkan juga memiliki kepekaan dan kepedulian sosial.

Salah satu cara mengasah kepekaan itu melalui karya fotografi. Selain obyeknya human interest mengisahkan kehidupan orang pinggiran, karya foto yang dihasilkan ketika laku dijual saat pameran didonasikan untuk kegiatan amal.

"Jadi selain mereka memang memamerkan karya fotografi, juga untuk mengasah kepekaan sosial," kata Widarta MM,  Humas UMBY kepada koranbernas.id di kampus setempat, Selasa (30/7/2019).

Tidak kurang 300  karya foto stories dipamerkan di amphitheatre kampus 3 Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Kamis, (25/7/2019) silam.

Pameran ini diselenggarakan sebagai output tugas Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah Jurnalisme Foto.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin tiap semester sebagai ruang unjuk kreativitas mahasiswa ilmu komunikasi, khususnya konsentrasi broadcasting dan jurnalistik.

Achmad Oddy Widyantoro M Sn selaku dosen pembimbing menyampaikan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana  Yogyakarta harus kritis dan peka terhadap kondisi sosial kehidupan masyarakat sekitar.

Inilah yang menjadi landasan diadakannya pameran karya fotografi jurnalistik.

“Tema besar pameran ini mengarah sisi human interest, dengan fokus lebih spesifik pada kearifan lokal, kehidupan perajin dan penjual pasar tradisional serta kehidupan masyarakat pinggiran,” jelasnya.

Acara ini berlangsung satu hari penuh dan dibuka untuk umum. Selain dipamerkan, karya-karya foto juga dijual bagi pengunjung yang berminat. Hasil penjualan akan didonasikan untuk kepentingan sosial.

“Harapan dari terselenggaranya acara pameran ini adalah untuk meningkatkan kemampuan fotografi dan mengedukasi para mahasiswa di bidang jurnalistik agar lebih jeli melihat permasalahan. Terutama masalah-masalah sosial di lingkungan sekitar mereka,” tandasnya. (sol)



Selasa, 30 Jul 2019, 11:52:14 WIB Oleh : Putut Wiryawan 548 View
Ini yang Ditakuti Perempuan di Seluruh Dunia
Senin, 29 Jul 2019, 11:52:14 WIB Oleh : Sari Wijaya 884 View
Pemkab Bantul Cabut IMB Gereja di Sedayu
Senin, 29 Jul 2019, 11:52:14 WIB Oleh : Rosihan Anwar 945 View
Dari Bangkok, Dua Emas Disabet Atlet Taekwondo Jogja

Tuliskan Komentar