atas

Berkat Camilan Sehat Peroleh Hadiah Rp 1 Miliar

Jumat, 28 Des 2018 | 21:08:36 WIB, Dilihat 578 Kali - Oleh Muhammad Zukhronnee Ms

SHARE


Berkat Camilan Sehat Peroleh Hadiah Rp 1 Miliar Stella Elvina Winoto menjelaskan proses pembuatan camilan sehatnya kepada Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita bersama istri, serta didampingi Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Tjahya Widayanti di dapur produksi OMO! Healthy Snack, Sinduadi Sleman, Kamis (27/12/2018). (muhammad zukhronnee ms/koranbernas.id)

Baca Juga : Menikmati Eksotisme Puncak Becici


KORANBERNAS.ID -- Stella Elvina Winoto, sang kreator OMO! Healthy Snack mengaku ide membuat camilan ini bermula karena kedua anak kembarnya sangat suka nyemil.

Tetapi dia merasa kesulitan mencari produk yang benar-benar sehat buat kedua anaknya. Banyak sekali produk yang bisa dibeli dengan mudah di pasar tetapi tidak jelas kandungan gizinya.

"Meski ada juga yang katanya sehat, tetapi saya tidak benar-benar ngerti kandungan apa yang ada di dalamnya, karena itulah saya bereksperimen membuat sendiri, dan setelah dicoba ke anak-anak saya, mereka menyukainya," aku Stella.

Setelah beberapa drama terjadi, berkat camilan sehat itulah Stella akhirnya dipilih sebagai pemenang Maker Fest 2018, dan menerima hadiah langsung dari Menteri Perdagangan berupa uang Rp 1 miliar.

Maker Fest 2018 merupakan inisiasi baru antara pemerintah dengan pelaku industri kreatif. Tujuannya mendorong pelaku industri agar berani menjadi perusahaan publik dan berbisnis hingga kancah internasional.

Maker Fest 2018 yang baru pertama kali digelar itu rencananya diselenggarakan rutin setiap tahun. Tahun ini Maker Fest menyambangi delapan kota.

Pada April-Desember di Medan, Padang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar dan diakhiri Maker Fest National Big Bang 15-16 Desember 2018 di  Jakarta.

Menteri perdagangan Enggartiasto Lukita menilik langsung dapur pemenang Maker Fest 2018, OMO! Healthy Snack di Jalan Loncang, Sinduadi, Sleman, Kamis (27/12/2018) pagi.

Didampingi Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Tjahya Widayanti, Enggartiasto sempat mencicipi dan memuji camilan sehat karya asli dari Yogyakarta ini.

"Yang paling tertarik adalah istri saya, karena dia yang sering bersama cucu. Cucu kami juga suka ngemil, pasti akan peduli dengan camilan sehat buat anak-anak seperti ini," papar Enggartiasto.

Pria yang menjabat sebagai Menteri Perdagangan sejak Juli 2016 ini sangat mengapresiasi produk camilan sehat karya Stella.

"Hal yang paling membanggakan adalah dari Jogja membuat sesuatu, kemudian menjadi pemenang dalam acara makerfest, saya merasa berkepentingan untuk mengembangkan produk-produk seperti ini, " ujarnya.

Terus terang dia mengakui pasar terganggu oleh produk-produk impor seperti kellogg's dan semua variannya yang masuk ke Indonesia dengan harga cukup mahal.

“Kami tidak mungkin menghentikan masuknya produk-produk impor, apalagi kenyataannya pada saat produk dalam negeri tidak mampu mengisi pasar," terang Enggartiasto.

Produk-produk yang menggunakan bahan baku lokal pasti harganya terjangkau. Jika produk-produk seperti ini sudah mampu berproduksi dan mengisi kebutuhan pasar dalam negeri, maka otomatis produk impor berkurang.

Dia menambahkan, dengan didukung oleh edukasi yang masif, masyarakat akan berpindah kepada produk-produk lokal seperti OMO! ini.

"Saya melihat industri yang dimulai dari home industry dan dilakukan dengan sungguh-sungguh serta upaya yang maksimal, pasti akan menjadi besar," tambahnya.

Enggartiasto juga menyampaikan yang perlu menjadi perhatian adalah peningkatan volume produksi. Produk seperti ini bisa masuk kategori industri, bukan lagi home industry. Sale force dan ketersediaan barang harus menjadi perhatian.

"Semoga masalah perizinan industri rumah tangga seperti ini tidak menjadi keluhan lagi, karena saat ini pemerintah benar-benar serius mempermudahkan proses perizinan baik itu daerah maupun nasional," kata dia. (sol)



Jumat, 28 Des 2018, 21:08:36 WIB Oleh : Arie Giyarto 533 View
Menikmati Eksotisme Puncak Becici
Jumat, 28 Des 2018, 21:08:36 WIB Oleh : Sholihul Hadi 560 View
Daya Tarik Dieng Tak Pernah Pudar
Kamis, 27 Des 2018, 21:08:36 WIB Oleh : Sholihul Hadi 491 View
ACT Kirim Logistik untuk Pengungsi Tsunami Selat Sunda

Tuliskan Komentar