atas1

Belum Semua Rumah Sakit di Sleman Memanfaatkan Fasilitas LADA MANIS

Selasa, 26 Nov 2019 | 16:48:36 WIB, Dilihat 131 Kali - Oleh Nila Jalasutra

SHARE


Belum Semua Rumah Sakit di Sleman Memanfaatkan Fasilitas LADA MANIS Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun, menghadiri Evaluasi Pelayanan Darah dengan rumah sakit mitra di Dalem Agung Palagan, Ngaglik, Sleman, Selasa (26/11/2019). (istimewa)

Baca Juga : Kontes Hewan, agar Kualitas Ternak di Temanggung Semakin Dikenal


KORANBERNAS.ID -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman melakukan Evaluasi Pelayanan Darah dengan rumah sakit mitra di Dalem Agung Palagan, Ngaglik, Sleman, Selasa (26/11/2019). Evaluasi ini mengundang 28 rumah sakit negeri maupun swasta yang menjadi mitra PMI Kabupaten Sleman.
 

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun, menjelaskan dari 28 rumah sakit yang ada di Kabupaten Sleman, baru 17 rumah sakit yang menggunakan fasilitas Lada Manis (Layanan Darah di Sleman Gratis). “Ini kan sayang sekali. Jangan-jangan mereka memang tidak tahu karena tidak mendapat sosialisasi atau karena mereka memang tidak mau tahu. Padahal pelayanan darah gratis ini betul-betul untuk kemaslahatan dan keselamatan pasien,” kata Sri Muslimatun.
 

Menurutnya, Pemkab Sleman telah mengeluarkan Peraturan Bupati No 38.26 Tahun 2018 yang mengatur tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Jaminan Biaya Pengganti Pengolahan Darah. Dalam Lada Manis ini, Pemkab Sleman menyediakan 10.000 kantong darah yang dapat diakses pasien ber-KTP Sleman. Sri Muslimatun berharap setelah evaluasi ini, rumah sakit yang belum menggunakan fasilitas Lada Manis dapat ikut serta menggunakan fasilitas tersebut.
 

“Kita harapkan melalui evaluasi ini nanti ada masukan-masukan dari PMI dengan dialog dengan rumah sakit yang ada di Sleman agar sepakat bahwa layanan darah gratis ini diperlukan dalam rangka memberikan layanan kesehatan bagi warga Sleman,” tambah Sri Muslimatun.
 

Sementara Aji Wibowo, perwakilan PMI Kabupaten Sleman, mengatakan bahwa layanan darah gratis merupakan layanan dasar yang wajib disediakan pemerintah. Dalam hal ini Pemkab Sleman mempercayakan layanan darah gratis untuk masyarakat Sleman pada PMI Kabupaten Sleman.
 

Lada Manis baru berjalan pada tahun pertama. Evaluasi ini untuk mendapatkan masukan dari rumah sakit mitra serta memperbaiki sesuatu yang sekiranya masih kurang terkait layanan darah gratis,” kata Aji. (eru)



Selasa, 26 Nov 2019, 16:48:36 WIB Oleh : Endri Yarsana 124 View
Kontes Hewan, agar Kualitas Ternak di Temanggung Semakin Dikenal
Selasa, 26 Nov 2019, 16:48:36 WIB Oleh : Redaktur 1881 View
Bukan Tokyo atau Osaka, Ini Daftar Kota Terindah di Jepang
Selasa, 26 Nov 2019, 16:48:36 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 129 View
Resep Sate Ini Memenangkan Kompetisi Berhadiah Rp 50 Juta

Tuliskan Komentar