atas1

Bank Sampah Sabrang Memprihatinkan

Rabu, 24 Jul 2019 | 00:28:53 WIB, Dilihat 265 Kali - Oleh Masal Gurusinga

SHARE


Bank Sampah Sabrang Memprihatinkan Kondisi bank sampah Desa Sabrang Delanggu yang memprihatinkan karena tidak dirawat dan rusak dibeberapa bagian.(masal gurusinga/koranbernas.id)

Baca Juga : Purworejo Lestarikan Tradisi Bupati Saba Desa


KORANBERNAS.ID - Bangunan bank sampah Desa Sabrang Kecamatan Delanggu belum diserahkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Klaten kepada Pemerintah Desa Sabrang. Padahal bangunan tersebut didirikan tahun 2015. Kini kondisi bangunan itu memprihatinkan karena tidak terawat dan rusak di beberapa bagian.

Selain bangunan, peralatan yang ada disana juga ada yang berpindah tempat ke desa lain. Sayangnya, peralatan apa saja yang ada disana juga tidak diketahui karena belum ada penyerahan ke pemerintah desa.

"Sampai sekarang belum pernah ada penyerahan dari Dinas Lingkungan Hidup kepada kami (Pemerintah Desa Sabrang)," kata Kepala Desa Sabrang Agus Sukardjito didampingi Sekretaris Desa Esy Haqni, Selasa (23/7/2019) pagi.

Agus mengaku saat bank sampah dibangun dan siapa pengelolanya pada awalnya tidak tahu karena baru menjabat kepala desa selama 2 bulan. Padahal bank sampah itu dibangun 2015

Namun setelah menjabat kepala desa dirinya ingin menata dan membenahi masalah sampah dan bank sampah yang dulu sempat dikelola KSM Yunah namun sudah diserahkan kepada BUMDes Sabrang. Hingga saat ini pengelolaannya juga tidak ada alias vakum.

"Karena pengelolaannya vakum itulah maka kami akan tanyakan BUMDes. Masih mau mengelola apa tidak. Kalau tidak mau biar desa yang kelola," ujarnya.

BUMDes Sabrang kata dia telah dibentuk dan mengelola gedung serta sampah. Namun dalam perjalanannya tidak berkembang bahkan vakum. Melihat kondisi itulah memgundang keprihatinan pemerintah desa sehingga mau ditata.

Pada tahun 2017, Pemerintah Desa Sabrang telah mengalokasikan anggaran untuk tehab gedung bank sampah dengan menambah atap dibagian depan. Selain itu Dinas Lingkungan Hidup juga telah memfasilitasi anggaran untuk tenaga dan operasional di lapangan beberapa bulan lamanya. Namun sayang semua itu hanya sementara karena aktivitas di bank sampah tidak ada.

Bahkan diperoleh informasi dari petugas Dinas Lingkungan Hidup kalau mesin ayak yang ada di bank sampah dipinjamkan ke TPS 3R Desa Gatak Delanggu. 

Informasi peminjaman alat itupun disampaikan Kepala Desa Sabrang Agus Sukardjito setelah menerima penjelasan dari KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) pengelola bank sampah Desa Sabrang dulu. (yve)

 


Rabu, 24 Jul 2019, 00:28:53 WIB Oleh : W Asmani 389 View
Purworejo Lestarikan Tradisi Bupati Saba Desa
Selasa, 23 Jul 2019, 00:28:53 WIB Oleh : Nanang WH 293 View
Ngantor Siang Pulang Awal, Kades Bukan Pekerjaan Sambilan
Selasa, 23 Jul 2019, 00:28:53 WIB Oleh : Arie Giyarto 817 View
Gurihnya Soto Mbah Bingah, Pembeli Rela Menunggu

Tuliskan Komentar