atas1

ASN Bolos Harus Bawa Surat Dokter

Senin, 10 Jun 2019 | 13:11:56 WIB, Dilihat 245 Kali - Oleh Yvesta Putu Sastrosoendjojo

SHARE


ASN Bolos Harus Bawa Surat Dokter Sejumlah ASN di lingkungan Pemda DIY mengikuti Open House Syawalan pada hari pertama kerja di Komplek Kepatihan, Senin (10/6/2019).(yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Baca Juga : Ribuan Warga Antri Salami Sultan


KORANBERNAS.ID -- Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY, Agus Supriyanto menyatakan, Aparatur Sipik Negara (ASN) yang bolos atau tidak masuk pada hari pertama kerja, Senin (10/6/2019) harus dinyatakan sakit dan menyertakan surat dokter. Tanpa surat keterangan dokter, siap-siap saja mereka akan mendapatkan sanksi.

"Saat ini baru pendataan. Namun yang pergi (tidak masuk dengan alasan pergi keluar kota-red) tidak ada. Terkecuali yang sakit harus ada surat dokter. Kalau ijin-ijin biasa saya tidak percaya," ungkap Agus disela Open House Pemda DIY di Komplek Kepatihan, Senin (10/6/2019) pagi. Open House dihadiri warga dari berbagai daerah dan ASN di lingkungan Pemda DIY.

Menurut Agus, pihaknya sudah mendapatkan laporan ada 1 ASN di BKD yang tidak masuk kerja karena alasan sakit. Pihaknya masih menunggu laporan lain dari sejumlah dinas untuk mengetahui jumlah ASN yang bolos pada hari pertama kerja.

Bagi yang tidak menyertakan keterangan apapun, ASN akan mendapatkan sanksi tegas. Sanksi yang diberikan berjenjang sesuai dengan kasus dari masing-masing ASN.

"Nanti yang memberikan sanksi dari inspektorat langsung," tandasnya.

Sementara Kabag Humas Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji menjelaskan, ASN yang masuk kerja pada hari pertama absen dengan menggunakan fingerprint. Selain itu absen tertulis disakskikan oleh tim dari Inspektorat Wilayah DIY.

"Jadi absennya pagi satu kali fingerprint dan absen yang disaksikan tim ekspektorat. Lalu hasilnya direkap untuk dikirimkan secar online dikirimkan ke kemenpan. Sedangkan sore hanya absen fingerprint biasa, " ungkapnya.

Aturan sanksi tersebut tertuang dalam Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (MENPAN RB) Nomor B/26/M.SM.00.01/2019 tentang Laporan Hasil Pemantauan Kehadiran Aparatur Negara Sesudah Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H 

Surat tersebut ditujukan MenPAN RB Syafruddin kepada para pejabat pembina kepegawaian instansi pusat dan daerah. Surat itu ditembuskan kepada Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK). Dalam surat tertanggal 27 Mei 2019 tersebut, Syafruddin meminta agar dilakukan pemantauan terhadap ASN pada Senin 10 Juni 2019. Surat tersebut diterbitkan dalam rangka penegakan disiplin Aparatur Sipil Negara dan optimalisasi pelayanan publik setelah pelaksanaan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Isinya antara lain: 

1. Melakukan pemantauan kehadiran Aparatur Sipil Negara sesudah Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H, yaitu pada hari Senin, tanggal 10 Juni 2019. 

2. Laporan hasil pemantauan sebagaimana dimaksud pada angka 1 diinput melalui aplikasi https://sidina.menpan.co.id pada hari yang sama paling lambat pukul 15.00 WIB. Petunjuk pengisian aplikasi tersedia dalam laman aplikasi tersebut. Adapun username dan password yang digunakan adalah sama dengan username dan password pada aplikasi e-formasi. 

3. Terhadap ASN yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah pada hari Senin, tanggal 10 Juni 2019 dijatuhi sanksi hukuman disiplin karena melakukan pelanggaran terhadap kewajiban Pasal 3 angka 17 Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. 

4. Penjatuhan hukuman disiplin kepada ASN sebagaimana dimaksud angka 3 dilaporkan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta ditembuskan kepada Kepala Badan Kepegawaian Negara paling lambat 10 Juli 2019. (yve)



Senin, 10 Jun 2019, 13:11:56 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 199 View
Ribuan Warga Antri Salami Sultan
Sabtu, 08 Jun 2019, 13:11:56 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 246 View
Jan Ethes Borong Batik di Beringharjo
Jumat, 07 Jun 2019, 13:11:56 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 10212 View
Makan di Angkringan, Jokowi Diserbu Warga

Tuliskan Komentar