atas1

Antusias Warga untuk Penyemprotan Disinfektan Cukup Tinggi

Sabtu, 28 Mar 2020 | 17:36:15 WIB, Dilihat 313 Kali
Penulis : Nanang WH
Redaktur

SHARE


Antusias Warga untuk Penyemprotan Disinfektan Cukup Tinggi Pelepasan pasukan TNI, Polri dan relawan di Makodim 0709 Kebumen untuk kegiatan penyemprotan disinfektan masal di tempat umum, Sabtu (28/3/2020). (istimewa)

Baca Juga : Kapolres: Jangan Sebar Informasi Covid -19 Jika Bukan dari Sumber Berwenang


KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Antusias masyarakat di Kabupaten Kebumen melakukan penyemprotan disinfektan di lingkunganya secara umum tinggi. Hingga Sabtu (28/3/2020), lebih dari 115.000 liter disinfektan oplosan telah didistribusikan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dinas Perkim LH) Kebumen.

Pemkab Kebumen mengalokasikan anggaran Rp 150 juta untuk keperluan pengadaan bahan baku disinfektan di Kabupaten Kebumen.

Kepala Dinas Perkim LH Kebumen, Edi Rianto, kepada koranbernas.id menjelaskan anggaran sebanyak itu direncanakan bisa untuk pengadaan bahan baku oplosan disinfektan berupa khlorin dan asam chlorida cairan, oplosan disinfektan setara 1,2 juta liter. Kegiatan penyemprotan mandiri oleh masyarakat, Jumat (27/3/2020), menjadi awal gerakan masal penyemprotan yang dilakukan masyarakat.

“Sekarang perangkat desa mengambil cairan disinfektan di kantor kami. Lain waktu akan dialihkan ke Kantor Kecamatan agar lebih dekat pengambilannya, tidak menumpuk di Kebumen,“ kata Edi Rianto.

Naiknya kebutuhan khlorin akhir-akhir ini menimbulkan kenaikan harga. Dari waktu ke waktu harga khlorin di pasaran terus naik. Sementara pihaknya tidak bisa menumpuk khlorin dalam jumlah besar untuk keperluan beberapa pekan mendatang.

Kepedulian TNI

Hari Sabtu (28/3/2020), Kodim 0709 Kebumen mengadakan penyemprotan disinfektan di beberapa fasilitas umum. Bersama Polres Kebumen, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen, PMI Kebumen, penyemprotan pada fasilitas umum diantaranya Stasiun Kebumen, Terminal Bus Kebumen, GOR Gembira, pasar unggas, sejumlah tempat ibadah, perkantoran, sekolah dan pusat keramaian lainnya.

Dandim 0709, Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang, mengatakan aksi penyemprotan disinfektan massal ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap kondisi darurat Covid-19 di Kebumen.

Bupati KH Yazid Mahfudz menyampaikan apresiasinya kepada Kodim 0709 Kebumen yang mengerahkan prajuritnya pada kegiatan itu. "Atas nama Pemerintah Kabupaten Kebumen, saya berterima kasih atas kegiatan penyemprotan massal," kata Yazid.

"Masyarakat perlu tahu, bahwa perkembangan kasus Corona di Kebumen sangat cepat. Saya minta untuk tetap tenang dan tidak panik, terus lakukan tindakan upaya pencegahan untuk mengurangi penyebaran virus ini," lanjutnya.

Masyarakat diminta agar menerapkan pola hidup sehat, mengurangi aktivitas di luar rumah kalau tidak sangat mendesak. "Mari kita berdoa, biasakan pola hidup sehat, ikuti anjuran pemerintah," pesan Yazid Mahfudz. (eru)



Sabtu, 28 Mar 2020, 17:36:15 WIB Oleh : Nanang WH 2799 View
Kapolres: Jangan Sebar Informasi Covid -19 Jika Bukan dari Sumber Berwenang
Sabtu, 28 Mar 2020, 17:36:15 WIB Oleh : Nila Jalasutra 208 View
UMKM Binaan Dinas Koperasi Sleman Siap Penuhi Kebutuhan APD
Sabtu, 28 Mar 2020, 17:36:15 WIB Oleh : Sari Wijaya 521 View
Meski Ditutup, Ada Saja Wisatawan Nekat Datang

Tuliskan Komentar