atas1

All New Mazda CX-8 Ramaikan Pasar SUV Premium di DIY dan Jateng

Jumat, 29 Nov 2019 | 08:16:58 WIB, Dilihat 650 Kali
Penulis : warjono
Redaktur

SHARE


All New Mazda CX-8 Ramaikan Pasar SUV Premium di DIY dan Jateng Acara peluncuran dan pameran All New Mazda CX-8 di Hartono Mall, Kamis (28/11/2019). (Warjono/koranbernas.id)

Baca Juga : Teknik Sambung Batang Hasilkan Adenium Warna Warni


KORANBERNAS.ID--PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) secara serentak meluncurkan All New Mazda CX-8, sebuah three-row SUV, di kota-kota besar di Jawa-Tengah seperti Semarang, Solo, dan Yogyakarta. Kehadiran SUV baru ini menambah jajaran produk keluarga Mazda. Posisinya tepat, mengisi celah diantara Mazda CX-5 dan Mazda CX-9 di pasar Indonesia.

Segmentasi pasar yang digarap oleh PT EMI adalah konsumen papan atas yang suka SUV premium dan mobil menjadi bagian gaya hidup mereka.

Head of Sales PT Eurokars Motor Indonesia, Costantinus Herlijoso mengatakan, memulai debutnya di Tokyo Desember 2017, Mazda CX-8 ini dirancang untuk menciptakan genre baru di segmen SUV dengan mengubah gagasan konvensional bahwa 3-row vehicle selalu merupakan sebuah minivan.

Kombinasi unggul dari mobil bertempat duduk tiga baris dan kenikmatan berkendara dalam sebuah SUV, kata Herlijoso, merupakan sebuah konsep yang belum pernah ada sebelumnya. Hal ini yang sangat menarik perhatian luas dan menghasilkan pesanan lebih dari 20.000 unit hanya dalam waktu tiga bulan sejak diluncurkan di Jepang.

Dalam peluncuran perdana sekaligus pameran di Hartono Mall Yogyakarta, Kamis (28/11/2019), Herlijoto mengatakan, bahwa All-New Mazda CX-8 ini sejatinya hanya diperuntukkan bagi pasar Jepang saja.

“All-New Mazda CX-8 ini pada awalnya hanya dijual di Jepang. Tetapi karena semakin meluasnya permintaan di luar Jepang, maka mulai dijual ke Australia dan untuk pasar Asia Tenggara hanya tersedia di Malaysia, Filipina, Thailand, dan Indonesia,” jelasnya.

All New CX-8 menawarkan performa responsif dan pengendaraan yang tenang juga nyaman. Dengan ukuran body sepanjang 4.900 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.730 dan jarak sumbu roda 2.930 mm, memberi ruang lapang bagi SUV bertempat duduk 3 baris dengan 6 kursi ini.

Sorot mata depan menggunakan teknologi LED, berpadu menawan dengan Daytime Running Lamp dan sudah dilengkapi dengan fungsi automatic on/off. Dengan pembaruan ini, Mazda telah meningkatkan fungsi dan kenyamanan yang semakin matang.

Di dalam kabin, konsumen disuguhi material premium. Jok berbalut Nappa Leather berventilasi yang berkualitas tinggi. Pengaturan kursi elektrik untuk pengemudi dan penumpang depan.

Desain ruang kemudi All New Mazda CX-8 yang modern, mewah dan nyaman. (Warjono/koranbernas.id)

Head unit terpasang model floating monitor 8 inci berteknologi Mazda Connect yang terintegrasi dengan smartphone integration. Untuk peranti audio yang digunakan juga tidak sembarangan di bagian entertainment . 10 speaker BOSE sound system turut dibenamkan. Pengguna dapat mengatur audio lewat control switch di lingkar kemudi yang menambah kepraktisan berkendara.

Untuk dapur pacu, All New Mazda CX-8 mengusung mesin berbahan bakar bensin Skyactiv-G 2.5 liter berkonfigurasi 4 silinder segaris DOHC 16 Valve. Kompresi rasio yang dimiliki adalah 13.0:1 menghasilan tenaga sebesar 190 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan mencapai puncak 252 Nm pada 4.000 rpm.

Distribusi tenaga dan torsi dari jantung pacu ini disalurkan melalui transmisi otomatis 6-speed Skyactiv-Drive. Mesin Skyactiv-G 2.5 liter menawarkan pengendaraan yang gesit dan penggunaan bahan bakar yang efisien terutama jika digunakan di daerah perkotaan.

Dari aspek keamanan, produk ini memiliki sejumlah fitur. Deteksi pejalan kaki ditambahkan pada smart city brake support (SCBS) dan juga tersedia view monitor 360 derajat. G-vectoring control (GVC) juga sudah dilengkapi menjadi GVC-Plus, yang memungkinkan pengendalian kemudi aman dalam keadaan darurat.

Fitur lainnya, adalah antilock breaking system (ABS), breake assist (BA), electronic brake force Distribution (EBD), Dynamic Stability Controll (DSC), Traction Controll System (TCS), Hill Launch Assist G-Vectoring Controll Plus (GVC-Plus), Front n Rear View Sensors, Rear View Parking Camera, 360 derajat view monitor, dua front airbags dan ISOFIC Child –sheat.

Juga disematkan Blid Sport Monitoring Plus, Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Lane Ddeparture Warning System (LDWS), Lane Keep Assist System (LAS), Smart City Brake Support Front & Rear (SCBS F&R) serta Driver Attention Alert (DAA).

“Saya percaya All New Masda CX-8 akan memuaskan banyak orang. Tidak ada yang lebih membahagiakan bagi kami, jika produk ini dapat membawa kebahagiaan bagi konsumen dan kebanggaan sejati dalam memilikinya,” lanjut Herlijoso.

Baris kedua All New Mazda CX-8, didesain nyaman lengkap dengan captain seat dan berbagai instrumen pendukung. (Warjono/koranbernas.id)

Sama Nyaman

Branch Manager Mazda Yogyakarta, Yudho Tanoko menambahkan, selain fitur keamanan dan keselamatan, kelebihan dari Alla New Mazda CX-8 adalah pada fitur kenyamanan yang menyeluruh dari keseluruhan baris tempat duduk.

Di bagian tengah, pabrikan Mazda menyematkan teknologi captan seat lengkap dengan panel-panel pendukung. Sedangkan di baris ketiga, kendati tidak selengkap di baris pertama dan kedua, juga didesain sangat nyaman.

“Ini ditunjang juga dengan teknologi monoshock berkualitas. Teknologi ini, setahu saya baru kami yang mengembangkan. Sedangkan kompetitor pada umumnya masih mengadop chasis. Monoshock ini tentu lebih memberikan kenyamanan bagi penumpang. Apalagi mesin kami berbahan bakar bensin,” katanya.

Berbagai kelebihan ini, Yudho mengaku optimistis, All New Mazda CX-8, akan mampu mendorong penetrasi pasar SUV Premium di Yogyakarta dan sekitarnya. Pihaknya mengincar market share hampir 2 persen dari total market mobil penumpang di DIY.

“Untuk tahun ini, kami sudah jualan lebih dari 100 unit dari target 120 unit. Kami optimistis, dengan All New Mazda CX-8 dan penyegaran dari Mazda 2, dalam sebulan ini kami dapat mencapai target penjualan. Apalagi, untuk All New Mazda CX-8., kami promo berupa gratis servis selama 3 tahun atau 60 ribu kilometer. Juga promo menarik berupa bunga nol persen kerjasama dengan sejumlah leasing,” pungkasnya. (SM)



Jumat, 29 Nov 2019, 08:16:58 WIB Oleh : Arie Giyarto 1937 View
Teknik Sambung Batang Hasilkan Adenium Warna Warni
Jumat, 29 Nov 2019, 08:16:58 WIB Oleh : Sholihul Hadi 470 View
Cerita Anggota MPR RI tentang Suara Kentongan KH Ahmad Dahlan
Kamis, 28 Nov 2019, 08:16:58 WIB Oleh : W Asmani 816 View
Pelajar SMAN 3 Purworejo Juara Kompetisi Vlog

Tuliskan Komentar