TNI-stipram

Ada Lomba Dangdut di Ajang Peksiminas

Kamis, 11 Okt 2018 | 14:36:40 WIB, Dilihat 119 Kali - Oleh Sholihul Hadi

SHARE


Ada Lomba Dangdut di Ajang Peksiminas Konferensi pers Peksiminas XIV Tahun 2018 di Rektorat Kampus ISI Yogyakarta, Kamis (11/10/2018). (sholihul hadi/koranbernas.id)

Baca Juga : Emosional Tandanya Kurang Ngopi


KORANBERNAS.ID –- Dahulu musik dangdut dianggap kurang berkelas dan mungkin jarang terdengar di kampus-kampus. Sekarang, genre musik tersebut sudah merasuki dunia perguruan tinggi.

Ini terbukti dengan dilombakannya Nyanyi Dangdut (putra dan putri) pada ajang Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XIV Tahun 2018 di Yogyakarta, 15-21 Oktober 2018.

Lomba nyanyi dangdut putra dan putri itu dijadwalkan berlangsung di Gedung Ganesha STPMD "APMD". Selain dangdut, juga ada rebana yang sifatnya eksibisi dan dijadwalkan digelar di Auditorium Gedung Driyakarya Universitas Sanata Dharma (USD).

Dalam konferensi pers di Rektorat Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Kamis (11/10/2018), Rektor ISI Prof Dr M Agus Burhan M Hum menyampaikan, Peksiminas diselenggarakan setiap dua tahun sekali, oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Adapun temanya Merajut Budaya Nusantara.

Tahun ini Badan Pembina Seni Mahasiswa (BPSMI) Pengurus Daerah BPSMI DIY sebagai panitia penyelenggara kegiatan. “Peksiminas tujuannya untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa menumbuhkan apresiasi terhadap seni, baik seni suara, seni pertunjukan, seni sastra dan seni rupa,” ujarnya.

Peserta merupakan mahasiswa yang mewakili daerah, setelah lolos seleksi Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida). Mereka berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

Menurut Agus Burhan, tujuan dari Peksiminas adalah meningkatkan kegiatan ekstrakulikuler kemahasiswaan di perguruan tinggi melalui pembinaan minat, bakat dan kemampuan para mahasiswa khususnya di bidang seni.

Selain itu, juga meningkatkan dan mengembangkan apresiasi seni di kalangan mahasiswa untuk memperkaya khasanah seni bangsa Indonesia yang dapat memperkuat daya saing bangsa.

Dari pelaksanaan Peksiminas diharapkan dapat meningkatkan kerja sama antara mahasiswa dari berbagai daerah untuk mempererat rasa persaudaran dalam rangka keutuhan NKRI.

Ketua Umum Peksiminas XIV Drs Anusapati MFA dari ISI Yogyakarta menambahkan, Peksiminas XIV terdiri dari 15 tangkai lomba grup maupun perorangan.

Yaitu, lomba tari, nyanyi tunggal pop (putra dan putri), nyanyi putra dangdut (putra dan putri), nyanyi tunggal keroncong (putra dan putri), nyanyi tunggal seriosa (putra dan putri).

Kemudian, penulisan puisi, penulisan cerpen, penulisan lakon, baca puisi putra dan putri, monolog, lukis, desain poster, fotografi hitam putih dan warna, komikstrip.

Pelaksanaan lomba terbagi di sejumlah kampus. Penulisan cerpen, puisi, lakon di UAD Kampus IV, fotografi di Galeri Pandeng FSMR ISI Yogyakarta, nyanyi pop di UAJY, seriosa di Auditorium Musik FSP ISI Yogyakarta, baca puisi di UAD Kampus IV.

Lomba vokal grup diadakan di Auditorium Driyarkara USD Kampus Mrican, tari di PKKH UGM,desain poster di lab komputer DKV FSR ISI Yogyakarta, Komikstrip di STIKOM Akindo, lukis di UKDW, nyanyi keroncong di Teater Arena FSP ISI Yogyakarta. (sol)



Kamis, 11 Okt 2018, 14:36:40 WIB Oleh : Sholihul Hadi 162 View
Emosional Tandanya Kurang Ngopi
Rabu, 10 Okt 2018, 14:36:40 WIB Oleh : Surya Mega 91 View
Taman Kaliurang Didesain untuk Meningkatkan Interaksi Sosial
Rabu, 10 Okt 2018, 14:36:40 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 240 View
Apollo 10 yang Kini Mengudara

Tuliskan Komentar