atas

55 Tahun UNY, 3.500 Penari Diajak Jathil

Senin, 15 Apr 2019 | 12:24:12 WIB, Dilihat 140 Kali - Oleh Yvesta Putu Sastrosoendjojo

SHARE


55 Tahun UNY, 3.500 Penari Diajak Jathil Rektor UNY, Sutrisna Wibawa (tengah) menyampaikan paparannya terkait Dies Natalis ke-55 di kampus setempat, Senin (15/4/2019). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Baca Juga : Anak Petani Lulusan Terbaik Diktama TNI AD


KORANBERNAS.ID -- Universitas Negeri Yogyakaeta (UNY) berumur 55 tahun pada 2019 ini. Ada yang menarik dalam peringatan dies kali ini.

Tak melulu menggelar kegaitan akademik, kampus ini juga menggelar kegiatan budaya berupa Festival Jathilan pada 2 Mei 2019 mendatang. Lebih dari 3.500 penari siap memeriahkan festival nanti.

"Festival jathilan ini menjadi yang pertama. Kami akan mengangkat melaksanakan festival tiap tahun untuk mempertahankan budaya jathilan," papar Rektor UNY, Sutrisna Wibawa di kampus setempat, Senin (15/4/2019).

Yang istimewa, lanjut Rektor, festival jathilan nanti akan memecahkan rekor MURI. Karenanya kampus mengajak komunitas dan penari untuk ikut ambil bagian dalam festival kali ini.

Rektor menambahkan, sentuhan seni dan budaya coba terus dipertahankan kampus dengan menggali potensi segenap warga UNY. Dengan demikian kampus tersebut tidak hanya fokus pada bidang akademik namun dapat inovasi lain untuk melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, kreatif dan inovatif berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendikiawan agar mampu berkontribusi dalak membangun kemandirian bangsa Indonesia, khususnya dalam kompetisi di era global.

"Dies kali ini memang terfokus pada peningkatan nuansa dan atmosfir akademik dengan sentuhan seni dan budaya," tandasnya

Selain festival, tahun ini UNY juga meluncurkan beragam buku. Di tingkat universitas buku Best Practice Pendidikan Pancasila diterbitkan untuk melengkapi alternatif pola pembelajaran Pancasila di Indonesia.

"Di tingkat fakultas, buku-buku yang sesuai visi dan misi fakultas juga ikut diluncurkan dalam rangka menjawab inovasi di bidang akademik," imbuhnya.

Ketua panitia Dies Natalis ke-55 UNY, Siswanto menjelaskan, kampus itu juga menggelar berbagai kegiatan. Diantaranya seminar, senam, gelar produk, festival dalang cilik, pagelaran wayang kulit dan konser.

"Puncak dies akan menghadirkan gubernur diy yang menyampaikan pidato ilmiah. Wakil presiden juga dijadwalkan hadir dalam rangkaian dies kali ini," imbuhnya.(yve)

 


Minggu, 14 Apr 2019, 12:24:12 WIB Oleh : Redaktur 211 View
Anak Petani Lulusan Terbaik Diktama TNI AD
Minggu, 14 Apr 2019, 12:24:12 WIB Oleh : Masal Gurusinga 374 View
Menanti Kejujuran Pemilik Pangkalan Gas Melon
Minggu, 14 Apr 2019, 12:24:12 WIB Oleh : Nanang WH 143 View
Tes Urine Jelang Pemilu, Ini Manfaatnya

Tuliskan Komentar