atas

270 Desa Mendahului Gelar Coblosan

Rabu, 13 Mar 2019 | 18:23:14 WIB, Dilihat 694 Kali - Oleh Masal Gurusinga

SHARE


270 Desa Mendahului Gelar Coblosan Dua calon Kepala Desa Sapen, Kecamatan Manisrenggo. Masing-masing Basuki dan H Tukarjo didampingi istri. (masal gurusinga/koranbernas.id)

Baca Juga : Kampung Flory Terima CSR Rp 250 Juta


KORANBERNAS.ID—Sebanyak 270 desa di Kabupaten Klaten menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, Rabu (13/3/2019). Berbagai persiapan dilakukan panitia untuk kesuksesan dan kelancaran acara.

Di Desa Mundu Kecamatan Tulung, acara pilkades dikemas sedemikian rupa laiknya pesta hajatan. Dua calon kepala desa duduk di atas panggung dan pemilih dihibur kesenian tarub dan organ tunggal.

“Ada juga 250 macam door prize sebagai hiburan. Warga yang datang menggunakan hak piliknya diberi kupon undian. Yang beruntung akan dapat hadiah hiburan. Semua door prize dari donatur warga secara sukarela,” kata Ketua Panitia Pilkades Mundu, Supriyana, S.Pd.

Agar pelaksanaan pilkades berjalan lancar dan nyaman, panitia memasang tenda di pekarangan Kantor Kepala Desa tempat pemungutan suara berlangsung. Tenda tersebut juga didekor sedemikian rupa agar lebih menarik.

Di Desa Mundu, ada 2 calon kades yang bersaing yakni Ari Kuswanto (anggota DPRD Klaten) yang tidak mencalonkan kembali sebagai anggota legislatif dan Budiyanto.

Sedangkan di Desa Kayumas Kecamatan Jatinom, pilkades dilaksanakan di balai desa setempat. Pencoblosan surat suara dibagi 3 wilayah berdasarkan pendukuhan.

“Calonnya ada dua orang yakni Mulyono (petahana) dan Redja,” kata Ketua Panitia Pilkades Kayumas, Mariman.

Di Desa Sapen, Desa Kebonalas dan Desa Sukorini Kecamatan Manisrenggo, juga melakukan hal yang sama. Panitia pilkades memasang tenda untuk kelancaran pilkades.

Ketua Panitia Pilkades Sapen, Wahyudi menjelaskan pemungutan suara yang berlangsung di balai desa dibagi per dusun.

“Kita bagi berdasarkan dusunnya. Karena di Sapen ada tiga dusun maka bilik dan kotak suaranya juga ada tiga,” ujarnya.

Pencoblosan berlangsung pukul 07:00 hingga 13:00 WIB. Dan penghitungan suara dimulai pukul 13:30 WIB hingga selesai.

Di Desa Sapen ada 1449 pemilih tetap dengan 2 calon kades yakni Basuki dan H Tukarjo. Yang menarik dari pelaksanaan pilkades di Desa Sapen, kedua calon merupakan tetangga bersebelahan rumah yang tinggal di Dukuh Genengsari RT 7/RW 3.

Basuki meupakan mantan Kepala Desa Sapen dan H Tukarjo adalah kades petahana yang telah menjabat satu periode. (SM)



Rabu, 13 Mar 2019, 18:23:14 WIB Oleh : Nila Jalasutra 190 View
Kampung Flory Terima CSR Rp 250 Juta
Rabu, 13 Mar 2019, 18:23:14 WIB Oleh : Masal Gurusinga 622 View
Warga Sapen Usir Pendatang di Rumah Calon Kades
Rabu, 13 Mar 2019, 18:23:14 WIB Oleh : Arie Giyarto 281 View
Layanan KB Massal Tidak Boleh Sembarangan

Tuliskan Komentar