atas1

Belum Ada Empat Bulan, Deco Borong Juara

Selasa, 16 Apr 2019 | 00:05:00 WIB, Dilihat 479 Kali - Oleh Yvesta Putu Sastrosoendjojo

SHARE


Belum Ada Empat Bulan, Deco Borong Juara Tim Deco UAD berfoto bersama Wakil Rektor III UAD, Dr Abdul Fadhil MT, Dr Dedi Pramono, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni/Bimawa UAD dan Danang Sukantar MPd, Kepala Bidang Pengembangan Kemahasiswaan Bimawa UAD di kampus I UAD, Senin (15/4/2019). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Baca Juga : Miris, 301 Kasus KDRT Terjadi di Sleman


KORANBERNAS.ID -- Tim Debating Community Universitas Ahmad Dahlan (Deco UAD) berhasil mengharumkan nama kampus. Pada tahun ini, komunitas yang fokus pada pengembangan potensi debat Bahasa Inggris serta Bahasa Indonesia tersebut mampu membawa pulang empat penghargaan sekaligus, baik di tingkat DIY, Regional maupun Nasional.

Prestasi pertama dicapai awal Januari lalu saat Ika Sudiwati dan Novi Retno meraih peringkat 2nd Runner Up dalam National English Education Debate (NEED) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Keduanya berhasil mengalahkan mahasiswa dari 20 perguruan tinggi (PT) se-Indonesia.

"Kami mengirimkan tiga tim namun yang berhasil mendapatkan juara satu tim dalam debat dengan sistem british parliamentary ini," jelas Ika di kampus I UAD, Senin (15/4/2019) didampingi Wakil Rektor III UAD, Dr Abdul Fadhil MT, Dr Dedi Pramono, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni/Bimawa UAD dan Danang Sukantar MPd, Kepala Bidang Pengembangan Kemahasiswaan Bimawa UAD.

Predikat juara I selanjutnya diraih Novi, Mauludin dan Shaliha Sabardila dalam Annual Saed National Competition 2019 di UIN Gunungjati Bandung, Jawa Barat pada 30 Maret-4 April 2019 lalu.
Mengirimkan dua tim dalam kompetisi yang diikuti 20 tim se-Indonesia ini, mereka mengangkat tema Digitalisasi Games dengan sistem Asian Parliamentary.

Pada 8-10 April 2019 lalu, kembali Deco meraih juara. Tim itu berhasil menjadi 1st Runner Up dalam National University Debating Championship (NUDC) 2019 tingkat LLDikti (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) Wilayah V Yogyakarta.

Diikuti 44 tim di  Griya Persada Kaliurang, akhirnya terpilih delapan tim terbaik. Mereka nantinya akan dikirim ke kompetisi di tingkat nasional di Surabaya pada 19-21 Juli 2019.

"Yang paling sulit memang kompetisi nudc ini karena seleksinya yang ketat," jelas Novi.

Prestasi terbaru diraih Deco saat meraih juara I dalam Kompetisi Debat Bahasa Indonesia Pekan Keilmuan Sosial dan Politik (PKSP) 2019. Tim Deco UAD yang terdiri dari Erlina Nur Aini, Mauludin, dan Anisa Rizky Nola Nursagi mengalahkan UGM pada Grandfinal di UMY pada 13-14 April 2019).

"Pada saat penyisihan kami kalah dari ugm, namun di grandfinal ketemu lagi UGM dan menang,” jelas Erlina Nur Aini.

Sementara Fadhil mengungkapkan kebanggaannya pada prestasi mahasiswa UAD. Prestasi tersebut dicapai mahasiswa denga kerja keras secara konsisten.

"Spirit ini harus dijaga agar bisa meraih prestasi yang lebih tinggi," imbuhnya.(yve)



Senin, 15 Apr 2019, 00:05:00 WIB Oleh : Nila Jalasutra 358 View
Miris, 301 Kasus KDRT Terjadi di Sleman
Senin, 15 Apr 2019, 00:05:00 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 1467 View
Lolos OSN, SMA Muha Banjir Prestasi
Senin, 15 Apr 2019, 00:05:00 WIB Oleh : Nanang WH 578 View
Sekarang, Orang Dengan Gangguan Jiwa Bisa Rawat Inap

Tuliskan Komentar