atas1

Banyak Desa Belum Manfaatkan peluang Membentuk BUMDes

Sabtu, 11 Mei 2019 | 17:46:02 WIB, Dilihat 654 Kali - Oleh Masal Gurusinga

SHARE


Banyak Desa Belum Manfaatkan peluang Membentuk BUMDes Joko Purwanto. (Masal Gurusinga/koranbernas.id)

Baca Juga : Jogja Juarai Ajang Mister Global Dua Tahun Berturut-turut


KORANBERNAS.ID--Sejumlah 111 desa di Kabupaten Klaten belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Padahal setiap desa boleh membentuk BUMDes sebagai implementasi dari Undang-Undang Pemerintahan Desa Nomor 6 Tahun 2014.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Permasdes) Kabupaten Klaten Jaka Purwanto mengatakan, hingga saat ini sudah ada 280 BUMDes dari 391 desa. Dari jumlah itu, baru 5 BUMDes yang dikategorikan maju.

“Kriteria BUMDes adalah maju, berkembang, rintisan baru terbentuk. Namun dari 280 BUMDes yang sudah terbentuk itu, hanya 5 yang sudah maju,” kata Jaka Purwanto.

Mantan Kepala Bagian Tata Pemerintahan itu menambahkan, karena undang-undang desa bertujuan untuk membentuk pemerintah desa yang mandiri, maka desa harus bisa memanfaatkan dan mengelola potensi yang ada di wilayahnya.

Seperti contoh usaha konveksi, makanan olahan, home industry dan lain sebagainya, yang banyak terdapat di Kabupaten Klaten.

Potensi itu harus dimanfaatkan oleh pemerintah desa untuk dikelola BUMDes. Hanya saja tidak sedikit BUMDes yang telah berdiri, namun statusnya jalan di tempat alias tidak berkembang.

Padahal Pemerintah Kabupaten Klaten telah memberikan peluang kepada BUMDes untuk mengembangkan usahanya, dengan pemberian modal melalui bantuan keuangan (bankeu).

“BUMDes kalau mau mengajukan modal boleh saja. Silahkan ajukan proposal biar nanti di cek. Kalau sesuai kriteria dan memenuhi persyaratan akan diajukan ke tim anggaran,” terang mantan Camat Jatinom itu.

Satu dari 5 BUMDes yang sudah maju itu yakni BUMDes Tirta Mandiri Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo. BUMDes tersebut mengelola beberapa unit usaha meliputi toko desa, obyek wisata Umbul Ponggok, wisata Ponggok Ciblon, gedung pertemuan, umroh dan pinjaman kredit, paket wisata desa. (SM)

 



Sabtu, 11 Mei 2019, 17:46:02 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 890 View
Jogja Juarai Ajang Mister Global Dua Tahun Berturut-turut
Sabtu, 11 Mei 2019, 17:46:02 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 507 View
Seribu Anak Yatim Buka Puasa di Mall
Jumat, 10 Mei 2019, 17:46:02 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 705 View
Gastronomi, Cara Mengemas Wisata Lebih Menarik

Tuliskan Komentar