atas1

Bambang dan Nasir Resmikan Universitas Perwira Purbalingga

Jumat, 12 Apr 2019 | 10:50:36 WIB, Dilihat 481 Kali - Oleh Prasetiyo

SHARE


Bambang dan Nasir Resmikan Universitas Perwira Purbalingga Bambang Soesatyo bersama Mohamad Nasir meresmikan Universitas Perwira Purbalingga (UNPERBA) di Kabupaten Purbalingga, Kamis (11/4/2019). (Prasetiyo/koranbernas.id)

Baca Juga : Al-Muqeet Datangkan Karpet Impor Koleksi Terbaru


KORANBERNAS.ID--Ketua DPR RI Bambang Soesatyo bersama Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir meresmikan Universitas Perwira Purbalingga (UNPERBA), Kamis (11/4/2019). Bersamaan dengan peresmian kampus, dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Baitul Salam di lahan seluas 200 meter persegi di lingkungan kampus tersebut.

Setelah resmi beroperasi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 949/KPT/I/2018 tanggal 8 November 2018, UNPERBA berencana menerima sekitar 1.000 mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020.

Saat ini sudah terdaftar 70 mahasiswa baru, yang tersebar di dua fakultas dan lima jurusan. Yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan program studi S-1 Manajemen, program studi S-1 akuntansi, program studi S-1 Agribisnis, serta Fakultas Sains dan Teknik dengan program studi S-1 teknik mesin, program Studi S-1 Informatika.

Turut hadir pada peresmian itu, sejumlah tokoh seperti Plt Bupati Kabupaten Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan Rizal Djalil, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VI Jawa Tengah Sugiharto dan Rektor Universitas Jenderal Soedirman Prof. Dr. Soewarto.

Bambang Soesatyo selalu inisiator berdirinya kampus UNPEREBA mengemukakan, untuk tahap pertama UNPERBA menempati gedung empat lantai di lahan seluas dua hektar.

Fasilitas yang tersedia, seluruh ruangan ber AC dan full internet system ini terdiri dari ruang administrasi, dosen, perkuliahan, laboratorium informatika dan laboratorium bahasa Inggris.

Selain itu dibangun pula perpustakaan Kalverd yang didedikasikan kepada almarhum putera salah satu sahabat Bambang yang meninggal dunia saat menempuh pendidikan di Amerika Serikat.

“Pembangunan kampus tahap dua akan segera dilakukan di atas lahan seluas dua ribu meter persegi. Berbagai fakultas lain juga akan dikembangkan untuk mengakomodir kebutuhan pendidikan generasi bangsa,” paparnya.

Mohammad Nasir menambahkan, sektor pertanian di Indonesia khususnya di Purbalingga masih kurang mendapat sentuhan teknologi. Saat ini, hasil panen pertanian langsung dijual ke pasar.

Karenanya, keberadaan Universitas Perwira Purbalingga (UNPERBA) yang baru diresmikan harus bisa berkontribusi dengan riset yang bisa memberi nilai tambah pada sektor pertanian.

“Di Purbalingga, lahan sawah hanya bisa menghasilkan rata-rata 10 ton perhektar. Padahal di Israel bisa mencapai 16 ton, karena sudah ditopang dengan teknologi,” katanya.

Menurutnya, teknologi pertanian yang termasuk pengolahan hasil pertanian harus dikembangkan. Dengan teknologi pengolahan hasil pertanian, akan tercipta industri yang disusul dengan penambahkan lapangan kerja.

Karenanya, lanjut Mohamad Nasir, UNPERBA harus membuka bidang studi yang berdasarkan local wisdom dan potensi lokal di Purbalingga. UNPERBA diharapkan bisa berkontribusi dalam riset agar nilai tambah sektor pertanian bisa ditingkatkan.

“Bukan hanya bidang budi daya saja. Tapi harus ada nilai tambahnya, misalnya pada pengolahan,” ujarnya.

Melalui riset pula, UNPERBA harus bisa berkontribusi pada pembangunan manusia sehingga menghasilkan tenaga kerja profesional. Sehingga menghasilkan mahasiswa yang sudah berpikir mengembangkan bisnis, bukan lagi berpikir bagaimana nanti mencari pekerjaan setelah lulus. (SM)

 

 



Jumat, 12 Apr 2019, 10:50:36 WIB Oleh : warjono 515 View
Al-Muqeet Datangkan Karpet Impor Koleksi Terbaru
Kamis, 11 Apr 2019, 10:50:36 WIB Oleh : Redaktur 599 View
Motivasi Penyuluh dengan Upsus Pajale
Kamis, 11 Apr 2019, 10:50:36 WIB Oleh : Redaktur 474 View
Audit Internal Tingkatkan Mutu Kampus

Tuliskan Komentar