atas

Baciro Diubah Jadi Kawasan Ekonomi

Sabtu, 09 Feb 2019 | 01:19:18 WIB, Dilihat 359 Kali - Oleh Yvesta Putu Sastrosoendjojo

SHARE


Baciro Diubah Jadi Kawasan Ekonomi Presiden Direktur PT Patra Jasa, Hari T Wibowo. (Istimewa)

Baca Juga : Sudah Dibor, Air Tak Sampai ke Warga


KORANBERNAS.ID -- Kabar baru bagi masyarakat Yogyakarta. Daerah Baciro rencananya akan dikembangkan jadi kawasan ekonomi.

Tiga zona disiapkan untuk mendukung kebijakan  tersebut.  Sebut saja jawasan ekonomi kreatif, convention center dan hotel berbintang.

Presiden Direktur PT Patra Jasa, Hari T Wibowo di Kompleks Kepatihan usai bertemu Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dan Wali Kota Yogyakarta, Jumat (8/2/2019) mengungkapkan, pihaknya mempersiapkan desain dan arsitektural untuk kawasan Baciro. Pemerintah daerah melalui Wali Kota Yogyakarta  diberi kesempatan untuk  memilih desain dan  arsitektur sesuai dengan tata ruang wilayah.

"Kami menunggu pemerintah atau wali kota memilih desain yang terbaik dan cocok untuk baciro,” paparnya.

Menurut  Hari, ketiga zona itu nantinya akan menjadi aatu kawasan terintegrasi. Khusus untuk hotel yang akan dibangun, Pemda yang nantinya memutuskan tinggi bangunan yang diperbolehkan.

Pengembangan kawasan itu rencananya dilakukan di lahan seluas 3,9 hektar. Namun tidak menutup kemungkinan bisa dikembangkan hingga mencapai 4,2 hektar. 

"Untuk pengembangan industri kreatifnya jadi  domain Pemda dengan menyesuaikan UMKM," jelasnya.

Stasiun Lempuyangan, lanjutnya nantinya juga akan dibangun untuk mendukung kebijakan tersebut. Dengan demikian kawasan tersebut akan bersinergi dengan pabrik rokok Tarumartani dan Convention center yang diharapkan dapat membawa Yogyakarts dan produknya semakin mendunia.

"Pembangunan ini diharapkan bisa menunjukkan Yogyakarta bukan hanya dari sisi wisata tapi budaya. Gubernur berpesan, menjunjung tinggi nilai kebudayaan, mendorong ekonomi kreatif, dan bisa menjadi ikon bukan sekadar bangunan,” imbuhnya.(yve)

 


Jumat, 08 Feb 2019, 01:19:18 WIB Oleh : Masal Gurusinga 482 View
Sudah Dibor, Air Tak Sampai ke Warga
Jumat, 08 Feb 2019, 01:19:18 WIB Oleh : W Asmani 714 View
Ini Dia Aturan Baru BPJS
Jumat, 08 Feb 2019, 01:19:18 WIB Oleh : Nila Jalasutra 229 View
SIFFEX 2019 Seriusi Pasar Lokal

Tuliskan Komentar