atas1

Ani Cinta Sejati SBY

Minggu, 02 Jun 2019 | 02:26:28 WIB, Dilihat 639 Kali - Oleh Rosihan Anwar

SHARE


Ani Cinta Sejati SBY Kebersamaan SBY dan Ani Yudhoyono. (Istimewa)

Baca Juga : Ani Yudhoyono, Sosok Wanita Cerdas dan Supel


KORANBERNAS.ID – Cinta sejati. Mungkin frasa tersebut adalah ungkapan paling tepat untuk menggambarkan relasi antara dua insan, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Kristiani Herrawati. Setelah bersama dalam kurun waktu 43 tahun, keduanya akhirnya terpisahkan oleh maut.

Kristiani Herrawati atau yang akrab dengan sapaan Ani Yudhoyono pulang keharibaan Yang Maha Kuasa, Sabtu (1/6/2019) siang waktu Singapura, sekitar pukul 11:50 di National University Hospital (NUH) Singapura.

Ketika berjuang melawan penyakit kanker darah yang diderita Ani, SBY selalu berada di sisi mantan ibu negara kelahiran Yogyakarta 6 Juli 67 tahun silam. Bagi Yudi Sukarto, salah satu kerabat Ani Yudhoyono yang tinggal di Purworejo Jawa Tengah, Ani memang merupakan pasangan sejati bagi SBY.

Contohnya, seperti diketahui masyarakat luas, SBY memiliki hobi bermusik. Presiden RI keenam itu bahkan telah lebih dari satu kali menelurkan album. Ketika di masa muda, pasangan tersebut saling melengkapi menurut pandangan Yudi Sukarto.

“Biasanya suka mengikuti bernyanyi dengan Pak SBY ya. Kalau SBY begitu (bermain musik), Bu Ani juga ikut bernyanyi, sambunglah keduanya,” ujar Yudi yang tinggal di Purworejo.

Saat disinggung apakah pasangan SBY – Ani merupakan pasangan harmonis, mantan bankir BRI itu menyebutkan keduanya lebih dari sekadar harmonis. “Wah kalau mereka berdua harmonis sekali. Saling pengertian, jujur dan juga tegas dan disiplin,” ungkap dia.

Tegas dan disiplin yang menjadi ciri khas anak kolong, membuat sosok Ani sangat dikagumi oleh SBY. Hal itu juga terbawa ketika keduanya membina bahtera rumah tangga dan membesarkan kedua buah hati mereka, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

“Soalnya juga ayahnya kan tentara (Sarwo Edhie Wibowo), dulu kan Komandan RPKAD, sewaktu menumpas G 30 S,” tutur kakek berusia 77 tahun.

Bahkan dalam mendidik kedua anaknya, baik SBY dan Ani sepakat untuk menanamkan sifat disiplin. Keduanya juga tidak pernah memberikan kasih sayang yang berlebihan dengan maksud memanjakan sang anak.

“Disiplinnya ketat, dan tidak mau terpengaruh sama orang-orang lain. Misalnya, anak-anak dikawal terus sama ajudan,” sebut dia.

SBY sendiri bertemu Ani Yudhoyono di tahun 1973. Ketika itu, SBY tengah menempuh pendidikan di Akademi Militer (Akmil) yang dulu bernama Akabri. Ani memang kerap mengunjungi Akmil karena sang ayah Sarwo Edhie Wibowo kala itu menjabat sebagai Gubernur Akmil.

Dalam biografi SBY yang berjudul “SBY Sang Demokrat”, mantan presiden kelahiran Pacitan, Jawa Timur itu menuturkan, dirinya jatuh cinta pada pandangan pertama terhadap Kristiani Herrawati. Pertemuan pertama terjadi ketika berlangsungnya kegiatan di Akmil yang digelar di Balai Taruna pada tahun 1973.

Sempat berpacaran dan kemudian bertunangan, keduanya lantas harus terpisah karena SBY mengikuti pendidikan militer di AS, sementara Ani mengikuti sang ayah yang ditugaskan menjadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan.

Baru di tahun 1976, keduanya resmi melangkah ke pelaminan. Dan, setelah 43 tahun bersama, Ani Yudhoyono meninggalkan pasangan hidupnya, SBY, untuk kembali ke sisi Sang Pencipta. (yve)



Minggu, 02 Jun 2019, 02:26:28 WIB Oleh : Rosihan Anwar 598 View
Ani Yudhoyono, Sosok Wanita Cerdas dan Supel
Sabtu, 01 Jun 2019, 02:26:28 WIB Oleh : Nanang WH 438 View
Suplai Air Saat Lebaran, PDAM TBS Was Was dengan Pasokan Listrik
Sabtu, 01 Jun 2019, 02:26:28 WIB Oleh : Nanang WH 681 View
Ini Dia Langkah Pengamanan Mudik ala Kebumen

Tuliskan Komentar