ada-pengibaran-bendera-di-tengah-laut-pada-17-agustus-2022


Sutaryono
Ada Pengibaran Bendera di Tengah Laut pada 17 Agustus 2022

SHARE

KORANBERNAS.ID  GUNUNGKIDUL --   Setelah dua tahun vakum karena pandemi, upacara peringatan detik-detik proklamasi di laut kembali digelar SAR Satlinmas Wilayah 2 Yogyakarta di Pantai Baron Gunungkidul.


Menurut Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 2, Marjono, kegiatan upacara di laut tersebut merupakan agenda tahunan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

  • Siap-siap, Jogja Bakal Punya Techno Park

  • "Hanya saja pada dua tahun masa pandemi Covid-19, upacara di laut tidak dilaksanakan. Baru tahun ini kami bisa gelar, dan tanggal 17 besok upacara akan dilaksanakan pukul 10:00," kata Marjono, Sabtu (13/8/2022).

    Sebelum dilakukan pengibaran bendera di tengah laut, seluruh peserta akan mengikuti upacara tepat di bibir pantai, berikut pasukan pengibar bendera.


    "Usai upacara, petugas pengibar bendera yang terdiri dari seorang pembawa bendera dan dua orang pengibar bendera akan berenang ke tengah laut. Di belakangnya akan menyusul 17 perenang dan 45 perenang, yang terdiri dari anggota SAR dan relawan," jelasnya.

    Marjono menambahkan, bagi wisatawan atau peserta upacara yang ingin mengikuti pengibaran di laut, wajib membawa dan mengenakan pelampung.

    "Untuk keamanan di laut, kita sudah sediakan sekitar 40 perahu jukung milik nelayan demi kelancaran jalannya prosesi pengibaran bendera di laut. Jadi, bagi yang tidak kuat berenang akan langsung naik perahu," pintanya.

    Diharapkan, saat pelaksanaan nanti gelombang laut dalam kondisi landai sehingga acara berjalan lancar.  “Sampai saat ini perkembangan cuaca khususnya gelombang dan angin terus kami pantau,” kata Marjono.

    Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian, mengapresiasi kegiatan SAR Satlinmas Wilayah 2 yang telah menggelar pengibaran bendera di laut. "Semoga acara ini mampu mendongkrak kunjungan wisata di kawasan pantai selatan Gunungkidul," kata Arif. (*)


    TAGS: Baron  Gunungkidul 

    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini