atas1

Ada Kolaborasi Blackpink dan Jaranan di TBY

Rabu, 22 Mei 2019 | 21:04:37 WIB, Dilihat 638 Kali - Oleh Muhammad Zukhronnee Ms

SHARE


Ada Kolaborasi Blackpink dan Jaranan di TBY Penampilan kelas TK Fullday Lab School Rumah Citta yang menggabungkan tarian girlband Korea Blackpink dan Jaran kepang asli indonesia. Pada pentas tutup tahun Lab School Rumah Citta, Selasa (21/5/2019) di Gedung Sosietet Militair, Taman budaya Yogyakarta. (muhammad zukhronnee ms/koranbernas.id)

Baca Juga : Sigit Kembali Jadi Direktur PD BPR Bank Sleman


KORANBERNAS.ID -- Sebuah replika Turntable terbuat dari karton bekas, lengkap dengan meja penyangga berukuran 100 x 50 cm disiapkan tepat di tengah panggung seukuran 10 x 8 meter persegi. Barra, Murid kelas Pra SD Lab School Rumah Citta sudah siap mendemokan kepiawaiannya nge-dj. Lengkap dengan headphone besar tergantung di leher, Barra memakai kaos Billabong putih ditutup hoodie berwarna abu-abu.

Sejenak lantunan musik EDM dengan beat tinggi dilantunkan secara playback, Dj kecil ini menirukan gaya-gaya laiknya Dj profesional di atas panggung besar. Tiga penampil lain langsung menarikan gaya-gaya girl band populer asal korea Blackpink. Tarian gerak dan lagu terus ditampilkan dari Blackpink hingga Aikon yang juga grup pop asal korea.

Seiring lantunan musik yang tetiba berubah menjadi lagu jaranan, Tiba-tiba enam penampil lain masuk kedalam pertunjukan dengan membawa jaran kepang. Diiringi lagu daerah asal Jawa Tengah ini Barra pun meninggalkan Turntable-nya dan ikut menarikan jaranan bersama teman yang lain.

Karya paduan gerak dan lagu Blackpink, Aikon dan Jaranan tadi adalah kolaborasi kelas Taman Kanak-kanak (TK) Lab School Rumah Citta dengan Kelas Pra-SD. Masih banyak penampilan kelas lain yang tak kalah menarik dan seru siang itu.

Pantomim karya kelas Pra-SD LS-RC Pada pentas tutup tahun Lab School Rumah Citta, Selasa (21/5/2019) di Gedung Sosietet Militair, Taman budaya Yogyakarta. (muhammad zukhronnee ms/koranbernas.id)

Kelas Pra SD misalnya, di pandu Hardiansyah Yoga Pratama dan Windrasanti selaku edukator kelas mereka menampilkan pantomim. Dalam pantomim ini mereka menceritakan tentang penyelamatan teman yang tenggelam.

Total ada tujuh kelompok penampil siang itu, kelompok ini dibagi berdasar jenjang tingkatan per-kelas. Selain kelas, ada juga penampilan dari Klub Peran. Klub yg berkegiatan setiap Sabtu pagi ini diikuti oleh 15 siswa dari berbagai kelas dan dipandu oleh 3 orang edu.

Tak hanya murid Lab School Rumah Citta saja yang memeriahkan acara tutup tahun sekolah yang beralamat di Jalan Panjaitan, Yogyakarta ini. Namun kolaborasi dengan orang tua dan edu (edukator-red) justru membuat "gerr" seluruh penonton yang memadati Gedung Sosietet Militair, Taman Budaya Yogyakarta.

Gelar pertunjukan yang dilaksanakan lebih dari 3 jam ini dalam rangka tutup tahun Lab. School Rumah Citta (LS-RC). Kepala Sekolah LS-RC Fransisca Ana Rukma Dewi menyampaikan acara tutup tahun ini baru pertama kali digelar diluar sekolah. Pertama kali digelar di sebuah ruang pertunjukan pula.

"Banyak hal yang bisa menjadi pembelajaran dan sebuah pencapaian bagi teman-teman kecil. diantaranya bagaimana mereka belajar berekspresi dalam panggung yang besar dan bagaimana mempersiapkan diri dihadapan penonton yang cukup banyak," paparnya.

"Harapan sekolah, tentu ingin semua teman kecil yang telah menyelesaikan bermainnya di lab school rumah citta dapat meneruskan visi dan misi RC di jenjang pendidikan selanjutnya," imbuhnya.

Seperti diketahui bahwa LS-RC sangat konsisten dengan produk makanan sehat, peduli lingkungan serta pengolahan sampah dan kesetaraan gender serta menyanyangi teman dan semua mahluk.

Ana menambahkan, bahwa perubahan kalender pendidikan yang diterima sekolah menyebabkan pihaknya tetap masuk sekolah meski acara tutup tahun ini usai digelar. "Ada selisih tanggal dari kalender sebelumnya, padahal sewa gedung pertunjukan ini sudah dipilih jauh-jauh hari dan tak mungkin dilakukan perubahan," terangnya.

"Namun hasil yang mengejutkan dari teman-teman kecil saya dapatkan dari setiap kelompok penampil, semua hebat melebihi ekspektasi saya dan para edu," tandas Ana.(yve)



Rabu, 22 Mei 2019, 21:04:37 WIB Oleh : Nila Jalasutra 301 View
Sigit Kembali Jadi Direktur PD BPR Bank Sleman
Rabu, 22 Mei 2019, 21:04:37 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 282 View
Muhammadiyah: Hormati Keputusan KPU
Rabu, 22 Mei 2019, 21:04:37 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 267 View
Sultan Minta Dua Kubu Akhiri Perbedaan

Tuliskan Komentar