atas1

12 Lokasi Rawan Diawasi Khusus

Jumat, 24 Mei 2019 | 06:43:53 WIB, Dilihat 459 Kali - Oleh Prasetiyo

SHARE


12 Lokasi Rawan Diawasi Khusus Petugas PT KAI Daop 5 Purwokerto sedang melakukan pengecekan rel yang akan dilewati KA. (prasetiyo/koranbernas.id)

Baca Juga : Wakili Lomba IVA Test Nasional, Bimomartani Tak Sekadar Kejar Juara


KORANBERNAS.ID--PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (PT KAI Daop 5) Purwokerto, siap menyukseskan Angkutan Lebaran 2019, mulai 26 Mei sampai 16 Juni mendatang. Segala sarana dan prasarana serta sumber daya manusia (SDM) sudah disiapkan, agar target mengangkut 356.071 penumpang, atau diperkirakan naik 2% dibanding tahun 2018 sebanyak 348.462 penumpang, dapat terlayani dengan baik.

“Persiapan sudah kami lakukan untuk menyukseskan Angkutan Lebaran 2019,”ujar Vice President PT KAI Daop 5 Purwokerto, Agus Setiyono yang didampingi Manajer Humas PT KAI Daop 5 Supriyanto kepada koranbernas.id di Purwokerto, Jumat (24/5/2019).

Kesiapan dimaksud, diantaranya mengerahkan 1.552 pegawai dan 483 personel keamanan, kemudian menyiapkan 22 rangkaian KA reguler dan 8 rangkaian Kereta Api (KA) tambahan yang berangkat dan berakhir di Daop 5, dan secara khusus mengawasi 12 lokasi yang termasuk daerah rawan. Juga melakukan perawatan prasarana yang ada, seperti rel, jembatan dan persinyalan, dan menyiapkan 32 lokomotif.

Agus Setiyono menjelaskan, untuk tiket angkutan penumpang, sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Yakni untuk penjualan tiket KA reguler, sudah dibuka H-90 lalu, atau tanggal 25 Februari 2019 untuk perjalanan KA reguler tangal 26 Mei 2019, atau H-10 lebaran.

Selain itu, lanjut Agus Setiyono, masih ada KA KA Reguler (52 KA) maupun KA tambahan lebaran (18 KA) yang Melewati wilayah Daop 5 purwokerto, baik dari arah Jakarta/Bandung ataupun dari arah Surabaya/Yogyakarta.

Untuk situasi penjualan tiket, untuk tanggal 26 Mei - 5 Juni 2019, masih didominasi penumpang dari arah Jakarta/Bandung menuju ke Jateng, DIY dan Jatim. Sehingga KA yang keberangkatan dari Daop 5 menuju Jakarta/Bandung masih cukup banyak.

Sedangkan mulai 7-13 Juni 2019, tiket KA dari Daop 5 menuju Jakarta/Bandung/Surabaya rata-rata sudah terjual habis. Bahkan tiket KA Serayu pagi, Serayu sore, Sawunggalih pagi, Kutojaya selatan menuju Jakarta/Bandung serta KA Logawa menuju Surabaya/Banyuwangi sudah habis hingga tanggal 16 Juni 2019.

Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket KA serta cek posisi seat melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, dan berbagai channel penjualan tiket resmi KAI lainnya.

Terkait kesiapan prasarana, Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto menambahkan, pihaknya sudah melakukan perawatan jalan rel, jembatan, dan persinyalan. Termasuk melakukan pemetaan daerah-daerah rawan di sepanjang jalur KA dengan menempatkan petugas maupun peralatan siaga (AMUS - Alat dan Material Untuk Siaga) di 20 lokasi. Apabila dibutuhkan dapat segera dilakukan mobilisasi, termasuk personel flying gang.

“Di wilayah Daop 5 ada 12 lokasi rawan yang akan dilakukan pengawasan khusus dengan menempatkan penjaga,” katanya.

Selain itu, akan ditempatkan personel di Jalur Perlintasan Langsung (JPL) yang dipandang rawan. Ada 3 titik di JPL 355 antara Karanggandul-Purwokerto, JPL 501 antara sumpiuh-Tambak dan JPL 529 antara Ijo-Gombong. Selain mengoptimalkan Juru Penilik Jalan (JPJ) Reguler, juga dilakukan penambahan JPJ ekstra untuk 16 titik.

Supriyanto menjelaskan, KAI Daop 5 Purwokerto juga sudah melakukan persiapan dan perawatan Sarana yang ada, Lokomotif dan kereta, baik untuk perjalanan KA Reguler maupun KA tambahan lebaran.

Armada lokomotif yang ada di Daop 5 purwokerto sebanyak 32 lokomotif, dengan rincian 14 lokomotif untuk perjalanan KA penumpang,4 lokomotif KA tambahan. Kemudian 2 lokomotif asistensi/bantuan selama lebaran,7 lokomotif untuk perjalanan KA barang, 3 lokomotif untuk kegiatan langsiran dan darurat, serta 2 lokomotif cadangan.

Sedangkan kereta ada 22 rangkaian KA reguler keberangkatan dan berakhir di Daop 5, serta 8 rangkaian KA tambahan yang berangkat dan berakhir di Daop 5.

“Perawatan lokomotif dilaksanakan rutin, baik harian, bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan serta tahunan. Dilaksanakan di Dipo lokomotif Purwokerto dan Kutoarjo. Perawatan harian, dilaksanakan usai lokomotif berdinas,” ujarnya.

Supriyanto mengemukakan, karena letak Daop 5 yang berada di tengah-tengah perjalanan KA (baik dari Jawa timur maupun dari Jakarta/Bandung) tim perawatan sarana selalu siaga untuk melakukan tindakan segera apabila ada lokomotif maupun kereta yang melintas di Daop 5, yang mengalami gangguan.

“Sedangkan untuk rangkaian kereta, usai berdinas, juga dilakukan perawatan harian selain dilaksanakan pembersihan, pengisian air, pengecekan lampu interior, kursi, pengecekan pengereman, dan sebagainya,” katanya.

Untuk kesiapan personel, sambung Supriyanto, pada masa Posko Angkutan Lebaran 2019 ini, seluruh personel/ Pegawai KAI Daop 5 disiagakan. Total petugas KAI sebanyak 1552 pegawai.

“Kami juga melibatkan pengamanan dari internal KAI, yaitu Polsuska (133 personel) dan Security (225) juga dari pengamanan bantuan dari TNI/POLRI sebanyak 118 personel, total pengaman sebanyak 483 personel,” ujarnya.

Tenaga eksternal. sambungnya, juga melibatkan masyarakat dengan ikut customer service mobile (15 orang) serta Railfans / pecinta KA (46 orang)

“Untuk kondisi darurat dalam hal kesehatan, juga ditempatkan personel paramedis (21 orang) di 4 stasiun, yakni Purwokerto, Kutoarjo, Kroya dan Cilacap. Juga berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan yang terdekat stasiun di sepanjang lintasan serta fasilitas laktasi di 8 stasiun,” ujarnya.

“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan juga, KAI meminta agar para penumpang tidak memakai perhiasan yang berlebihan selama perjalanan,” imbaunya. (SM)

 

Daftar KA Reguler DAOP 5 Purwokerto

- KA Purwojaya relasi Cilacap - Gambir pp

- KA Sawunggalih pagi, relasi Kutoarjo – Pasar Senen pp

- KA Sawunggalih malam, relasi kutoarjo – Pasar Senen pp

- KA Logawa, relasi Purwokerto – Jember pp

- KA Kutojaya Utara, relasi Kutoarjo Pasar Senen pp

- KA Kutojaya Selatan, relasi Kutoarjo - Kiaracondong pp

- KA Serayu pagi, Purwokerto - Kiaracondong – Pasar Senen pp

- KA Serayu malam, Purwokerto - Kiaracondong – Pasar Senen pp

- KA Wijayakusuma, Cilacap - Surabaya - Banyuwangi pp

- KA Kamandaka, Purwokerto - Semarang

- KA Joglosemarkerto, Purwokerto - Semarang – Solo pp

 

KA Tambahan

- Kutojaya Selatan Lebaran, Kutoarjo - Kiaracondong pp

- Kutojaya Utara Lebaran, Kutoarjo - Pasar Senen pp

- Purwojaya Lebaran, Cilacap - Gambir pp

- Sawunggalih Lebaran, Kutoarjo - Pasar Senen pp

Daerah Rawan Bencana

Tanah labil dan Pohon Tumbang di lintasan Kroya-Songgom/Slawi yakni antara stasiun Slawi-Prupuk

Rawan longsor di Songgom-Prupuk, Prupuk-Linggapura, kemudian di Banjar-Langen, Tambak-Ijo

Rawan banjir di Linggapura-Bumiayu

Rawan ambles di rentang Kawunganten-Jeruklegi yakni Jeruklegi-Lebeng



Jumat, 24 Mei 2019, 06:43:53 WIB Oleh : Nila Jalasutra 576 View
Wakili Lomba IVA Test Nasional, Bimomartani Tak Sekadar Kejar Juara
Jumat, 24 Mei 2019, 06:43:53 WIB Oleh : Sari Wijaya 355 View
Tidak Mengikuti Jalan Berbelok, Pengendara Motor Terjebur Sungai
Kamis, 23 Mei 2019, 06:43:53 WIB Oleh : Nila Jalasutra 522 View
Tridadi Maju Lomba Desa Tingkat DIY

Tuliskan Komentar