dinpar-sleman-membuat-aplikasi-visiting-jogja-untuk-reservasi-daring-sejumlah-destinasi-wisataBupati Sleman, Sri Purnomo, ketika mengunjungi destinasi wisata Tebing Breksi dalam rangka persiapan kunjungan wisatawan di masa pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu. (istimewa)


Nila Jalasutra

Dinpar Sleman Membuat Aplikasi Visiting Jogja untuk Reservasi Daring Sejumlah Destinasi Wisata

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mulai mengaktifkan reservasi daring sejumlah destinasi wisata unggulan melalui aplikasi Visiting Jogja untuk memudahkan wisatawan yang hendak berkunjung ke destinasi wisata di Sleman. Demikian disampaikan Kepala Dispar Sleman, Sudarningsih, di Sleman, Jumat (20/8/2020).

Menurut Sudarningsih, prinsipnya semua destinasi wisata di Sleman yang terdaftar pada aplikasi Visiting Jogja sudah dapat melakukan reservasi secara daring (online).


Baca Lainnya :

Destinasi wisata tersebut meliputi Taman Tebing Breksi Prambanan, Kaliurang, Gardu Pandang Boyong, Jogja Exotarium, Museum Gunungapi Merapi (MGM), Agro Wisata Bumi Merapi, Grojogan Watu Purbo, dan Monumen Jogja Kembali.

"Reservasi dapat dilakukan dengan cara mengunduh aplikasi Visiting Jogja pada playstore, pilih menu reservasi dan silahkan pilih destinasi yang ada di Sleman," kata Sudarningsih.


Baca Lainnya :

Dia juga mengatakan, setelah mendaftar, saat datang di lokasi wisata, wisatawan tinggal menunjukan QR code yang tertera pada layar telepon seluler (hand phone).

"Kami juga sudah mengaktifkan reservasi untuk dua destinasi candi, yaitu Candi Sambi Sari di Kalasan dan Candi Ijo di Prambanan," kata Sudarningsih.

Ia menambahkan, sejak libur akhir pekan minggu lalu, dua candi sudah melakukan operasional terbatas dan dapat dilakukan reservasi daring.

"Sudah banyak wisatawan yang melakukan kunjungan dengan reservasi secara daring di destinasi-destinasi wisata di Sleman," tutur Sudarnungsih.

Menurutnya, jumlah kunjungan di destinasi wisata di Kabupaten Sleman mengacu pada Sistem Pendataan Kunjungan Wisata Terpadu Daerah Istimewa Yogyakarta untuk periode 15 hingga 17 Agustus 2020. Dari 42 destinasi yang ada sementara ini tercatat terdapat 10 destinasi wisata yang melakukan operasional uji coba terbatas.

"Dari 10 destinasi tersebut, total kunjungan adalah sebanyak 14.936 kunjungan. Destinasi terbanyak dikunjungi selama periode tersebut adalah Taman Tebing Breksi sebanyak 8.004 kunjungan, setara dengan 53,59 persen dari total kunjungan pada 15 hingga 16 Agustus," paparnya. (eru)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini