70-persen-siswa-sd-di-gunungkidul-tak-punya-hp-Guru mendatangi rumah siswa untuk memandu proses pembelajaran. (sutaryono/koranbernas.id)


St Aryono

70 Persen Siswa SD di Gunungkidul Tak Punya HP

SHARE

KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL -- Pembelajaran di rumah untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, atau lebih dikenal dengan daring (dalam jaringan), sudah beberapa bulan dilaksanakan. Namun di Gunungkidul, dalam pelaksanaanya banyak mengalami hambatan, bahkan tersendat-sendat.


Baca Lainnya :

 

Hal ini menurut Kepala Dinas Pendidikan Gunungkidul, Bahron Rosyid, ketika dihubungi Selasa (28/7/2020), karena banyaknya medan yang berbukit, sehingga belum semua wilayah terjangkau jaringan internet. “Lebih memprihatinkan lagi, sekitar 70 persen siswa SD di Gunungkidul tidak mempunyai HP atau pun laptop,” katanya.


Baca Lainnya :

 

Padahal, alat berupa HP atau laptop menjadi hal yang baku untuk melaksanakan pembelajaran di rumah. Masalah ini terjadi karena kondisi ekonomi warga yang belum mampu untuk membelikan HP atau laptop bagi putra-putrinya yang sekolah di jenjang SD.

 

Dengan berbagai masalah tersebut, pihaknya mengambil kebijakan guru diperbolehkan mendatangi siswa atau mengundang siswa datang ke sekolah secara berkala. Pihaknya berharap dengan metode ini para siswa tetap bisa memperoleh pelajaran di masa pandemi.

 

"Tetapi tetap menjaga protokol kesehatan. Sekolah tertentu boleh mendatangkan siswa, tetapi dibagi jumlahnya dan tidak bergerombol," tambah Bahron.

 

Seorang guru di SDN Slametan, Kalurahan Kelor, Kepanewonan Karangmojo, Anika Kurniawati, mengatakan atas koordinasi dengan kepala sekolah dan wali murid, dirinya mendatangi anak didiknya setiap seminggu sekali pada hari Sabtu. Sebanyak 14 murid kelas 1 SD seminggu sekali belajar bersama. Mereka dibagi menjadi 3 kelompok untuk datang ke salah satu rumah orang tua siswa.

  "Kalau pelajaran tatap muka bisa mengetahui secara langsung perkembangannya seperti apa. Kalau menggunakan HP, kita tidak mengetahui tulisan yang dikirimkan benar-benar dari siswa atau milik orang tuanya," pungkas Anika. (eru)


TAGS: siswa  sd  gunungkidul  HP 

SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini